Kunjungan Rektor UTama ke Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kunjungan Rektor UTama ke Institut Teknologi Bandung (ITB)

Rektor Universitas Widyatama (UTama) Dr. Islahuzzaman, S.E., M.Si Ak., CA beserta para Wakil Rektor, Dekan, dan jajaran rektorat lainnya  mengadakan kunjungan ke ITB pada tanggal 21 Desember 2016. Kunjungan disambut hangat  oleh Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, yang juga didampingi oleh para pejabat lainnya di lingkungan ITB. Kami diterima di gedung rektorat ITB, jalan Tamansari No. 64, Bandung.

Tujuan kunjungan UTama ke ITB tidak lain adalah silaturahim  Rektor UTama kepada  Rektor ITB, yang pada periode tahun 2001 – 2007 beliau sebagai Pembantu Rektor bidang Perencanaan dan Pengembangan di Universitas Widyatama.  Beliau merasa tersanjung karena kunjungan dari sahabat lama di Widyatama.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor UTama menyampaikan berbagai informasi mengenai kondisi di UTama baik yang berkaitan dengan pengembangan program studi baru, tata kelola perguruan tinggi dan International Program. Pada kesempatan itu, Rektor UTama memberikan gambaran perencanaan pembukaan program studi baru untuk bidang eksakta dan berharap mendapat masukan dari para pakar ITB dalam mewujudkan program studi baru ini. Disusul penjelasan dari Dekan Fakultas Teknik, Dr. Oktri Muhamad Firdaus, M.T, yang secara teknis memaparkan rencana pembukaan 3 program studi baru, yaitu Prodi Elektro, Manajemen Rekayasa Industri, dan Farmasi. Rektor juga menambahkan kembali pengelolaan sekolah pascasarjana, dan program Student Exchange yang sedang berlangsung antara Universitas Widyatama dengan National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC).

Rektor ITB menyambut baik segala program yang telah dilakukan UTama, dan mendukung penuh demi pengembangan dan kemajuan UTama. Beliau juga menyampaikan sebagai crash program internasionalisasi, banyak hal yang dapat dilakukan UTama, diantaranya meningkatkan student exchange program, staff exchange, double degree, Seminar Internasional dengan melibatkan banyak negara, dll. Partisipasi aktif sangat terbuka bagi UTama apabila ITB mengadakan International Seminar, sehingga dapat memanfaatkan untuk kerjasama lebih lanjut dengan negara participant. Pada kesempatan itu pula, Prof. Bermawi, Wakil Rektor Bidang Akademik, menyampaikan proses akademik yang berlaku di ITB, disusul oleh Prof. Mindriany Shafila memaparkan strategi ITB dalam penerimaan mahasiswa baru baik yang regular, maupun mahasiswa asing.

Sambutan yang begitu terbuka dari Rektor ITB beserta pejabat lainnya, semakin membuka wawasan universitas dalam mengelola sebuah perguruan tinggi. Dan Rektor berharap UTama akan menjadi mitra  ITB yang dapat saling menguntungkan, dan semoga kerjasama yang telah terjalin, dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk masa mendatang.