Sambutan Rektor

Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum.

Rektor Universitas Widyatama

Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum.

Rektor Universitas Widyatama

Selamat Datang di Official Website Universitas Widyatama.

Universitas Widyatama dibawah naungan Yayasan Widyatama adalah Institusi Pendidikan Tinggi yang berdiri sejak tahun 1973 berawal dari Pendidikan Akuntasi yang dirintis oleh ibu Prof. Dr. Hj. Koesbandijah Abdoel Kadir, M.S., Ak.

Melalui proses penggabungan beberapa Sekolah Tinggi yang dikelola oleh Yayasan Widyatama dan bersadasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/O/2001 tanggal 2 Agustus 2001,  maka berubah menjadi Universitas Widyatama dan mempunyai  5 Fakultas yaitu : Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Desain Komunikasi Visual dan Fakultas Ilmu Sosial & Politik.

Dalam memberikan Layanan Pendidikan Tinggi, Universitas Widyatama sudah menerapkan dan menjalankan standar ISO yang mencakup semua proses yang relevan di penyediaan pendidikan, proses manajemen, proses belajar mengajar, proses realisasi, proses evaluasi, penyediaan dan pengelolaan sumber daya, termasuk desain kurikulum. Seperti yang diketahui, UTama sudah melakukan ISO dari tahun 2003, mulai ISO 9001:2000, 9001:2008  dan saat ini kita sudah upgrade ke ISO 9001:2015.

Oleh karena itu, Universitas Widyatama merupakan perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya melalui pendidikan tinggi yang berkualitas.

Kami berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia, dengan mengembangkan science dan technology serta inovasi-inovasi yang baru khususnya untuk Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Universitas Widyatama mempunyai 5 Fakultas dengan 22 Program Studi, dan menawarkan beberapa pilihan konsentrasi yang bervariasi serta memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, memperkaya kesempatan penelitian, dan pendekatan antar disiplin ilmu di dalam dan diluar kampus. Universitas Widyatama juga memberikan berbagai kesempatan Beasiswa kepada para mahasiswa dengan kemampuan ekonomi yang lemah namun berprestasi secara akademik.

Bukan hanya mahasiswa, para peneliti, dosen, industri dan lembaga lainnya yang ingin bekerjasama dengan Universitas Widyatama juga menemukan kekayaan disciplines di Universitas Widyatama. Pengalaman kerjasama kami yang luas dengan sesama lembaga pendidikan, lembaga riset, pemerintah, lembaga non-pemerintah dan industri, membuat kami mampu untuk memfasilitasi kerjasama yang intensif.

Untuk studi lanjut Dosen Tetap baik di dalam negeri ( ITB, UNPAD, UPI, UGM, Brawijaya) maupun di luar negeri (Belanda, Filipina, Malaysia, dan Thailand ) merupakan salah satu pengembangan SDM yang dilakukan oleh Universitas Widyatama telah menjadi tradisi yang kuat.

Selama ini Universitas Widyatama telah berupaya menjalin kerjasama dengan sejumlah  perusahaan Nasional dan Multi Nasional serta perusahaan Media terkemuka. Kerjasama tersebut bisa berupa kunjungan ke perusahaan media, pelatihan, magang hingga penempatan tenaga lulusan. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas lulusan siap pakai dan daya saing kampus khususnya dalam menghadapi perubahan teknologi yang begitu cepat.

Beberapa prestasi yang telah diraih oleh Universitas Widyatama adalah
  • Pada tanggal 18 Agustus 2020 kemarin Ranking Universitas Widyatama versi Ristek Dikti berada di posisi ke-57 dari 4.682 perguruan tinggi di Indonesia.
  • Universitas Widyatama dalam Versi Unirank (Webometrics) berada di peringkat ke-55 Nasional dan Se-Jawa Barat Banten di peringkat ke-3 dan juga telah menerbitkan 1.373 artikel dengan jumlah dosen 272 orang dalam jurnal Scopus Indexed sejak Oktober 2018 sampai dengan hari ini. Dan kami memiliki kolaborasi yang baik dengan Chief Editor beberapa jurnal Internasional, di Eropa dan Amerika Serikat.
  • Dalam program SIMKATMAWA Ranking Universitas Widyatama berada di posisi ke-48 pemeringkatan bidang kemahasiswaan, tahun 2020.
  • Universitas Widyatama memperoleh penghargaan Presidential Award dari International Council for Small Business category : Researcher and Academician pada tanggal 14 November 2019.
  • Universitas Widyatama telah mendapatkan 6 (enam) penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). Salah satunya adalah : Kegiatan Career Day Virtual 2022 (Job Fair) pada 26 s.d. 28 Juli 2022 yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan pameran yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak diberbagai bidang dan berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa atau alumni untuk mengenal perusahaan dan budaya kerjanya, berinteraksi kepada representative perusahaan, mengirimkan lamaran kepada lowongan pekerjaan dan mengikuti proses rekrutmen secara Online.
  • Universitas Widyatama telah dikategorikan ke dalam “Kluster Perguruan Tinggi Utama”, yaitu klaster perguruan tinggi berdasarkan keterangan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dikti, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
  • Tahun 2023 Universitas Widyatama telah mendapatkan pengakuan salah satu universitas paling berkelanjutan menurut UI Green Metric.
  • Kerjasama Terbaik dan Pengelolaan Tracer Study Terbaik Tahun 2022 menurut LLDIKTI mengenai Pelaporan.
  • Pada Desember 2022 Universitas Widyatama mendapatkan penghargaan Bronze Winner dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (DITJENDIKTIRISTEK) untuk kategori “PTS dengan Kerja Sama Industri Terbaik” dan “PTS dengan Kerja Sama Internasional Terbaik”. serta pada 2023 mendapatkan Silver Winner “PTS dengan Kerja Sama dengan Industri Terbaik”.
  •  

Universitas Widyatama membuka seluas-luasnya bagi anak bangsa yang ingin menimba ilmu pengetahuan sesuai dengan harapannya dan berminat untuk melanjutkan studinya di Universitas Widyatama.