WIDYATAMA ACCOUNTING COMPETITION 2013 “THE POWER OF ACCOUNTING”

Fungsi mahasiswa sebagai Agent of Change, Agent of Responsibility and Agent of Social Control. Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama akan melaksanakan Kompetisi Akuntansi Tingkat Universitas se-Indonesia yang disebut WIDYATAMA ACCOUNTING COMPETITION 2013 (WAC X) ?The Power of Accounting?. Acara ini akan berlangsung selama 5 hari pada tanggal 17,18,19,20 & 27 April 2013 di Universitas Widyatama.

Fungsi mahasiswa sebagai Agent of Change, Agent of Responsibility and Agent of Social Control. Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama akan melaksanakan Kompetisi Akuntansi Tingkat Universitas se-Indonesia yang disebut WIDYATAMA ACCOUNTING COMPETITION 2013 (WAC X) “The Power of Accounting”. Acara ini akan berlangsung selama 5 hari pada tanggal 17,18,19,20 & 27 April 2013 di Universitas Widyatama.

Tema “The Power of Accounting” mengundang makna kekuatan akuntansi yang dapat dianalogikan secara luas. Akuntansi dianggap sebagai salah satu jalan untuk memperbaiki dan menjaga kestabilan perekonomian di dunia. Akuntansi dapat memberikan solusi permasalahan dalam kehidupan. The Power of Accounting merupakan kekuatan dimana seseorang dapat hidup dalam ruang lingkup yang luas sehingga mempengaruhi dalam kehidupan sosial. Dengan The Power of Accounting ini, diharapkan dapat menghasilkan insan yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Akuntansi untuk mengukur kegiatan pertanggungjawabkan sosial perusahaan dikenal dengan akuntansi sosial. Akuntansi sosial secara umum bertujuan untuk mengukur dan mengungkapkan untung rugi dan biaya sosial yang ditimbulkan oleh kegiatan perusahaan tersebut di masyarakat. Biaya sosial ini umumnya dikaitkan dengan ketenagakerjaan, konsumen dan produk atau barang/jasa yang dihasilkan, kemasyarakatan, dan lingkungan hidup di sekitar perusahaan.

Pengungkapan biaya sosial ini dilakukan dalam laporan keuangan atau laporan tahunan. Prinsip dasar Good Corporate Govermance mengharuskan perusahaan untuk memberikan laporan bukan hanya kepada pemegang saham, calon investor, kreditur, dan pemerintah semata tetapi juga kepada stakeholders lainnya termasuk karyawaan dan masyarakat. Pengungkapan Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan dapat dikelompokkan berdasarkan tema, tipe, tingkat, dan lokasi dimana tanggung jawab sosial tersebut diungkapkan.

Kegiatan ekonomi dan pembangunan mempunyai dampak positif dan negatif bagi kemajuan bangsa. Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab ini muncul akibat adanya konflik antara masyarakat dengan dampak negatif yang timbul karena keberadaan suatu perusahaan dalam suatu lingkungan tertentu.

Fakultas Bisnis dan Manajemen S1 Telah Meraih Akreditasi "A" untuk tahun 2013 - 2018
Laporan Kegiatan Kunjungan STMIK Handayani Makasar