SEWINDU UNIVERSITAS DAN 37 TAHUN YAYASAN WIDYATAMA

SAMBUTAN KETUA BADAN PENGURUS YAYASAN WIDYATAMA PADA ACARA DIES NATALIS SEWINDU UNIVERSITAS DAN 37 TAHUN YAYASAN WIDYATAMA BANDUNG, 3 JANUARI 2010

Bismillahirahmanirrahim Yth Pembina, Pengurus Yayasan Widyatama; Yang saya hormati Dewan Penyantun Widyatama dan Para Undangan Yang saya hormati Sdr Rektor Universitas Widyatama beserta seluruh jajarannya; Para dosen, karyawan serta perwakilan mahasiswa yang saya cintai; Assalamu ’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.Salam Sejahtera bagi kita semua.  Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu wata’alla, karena pada hari ini kita dapat berkumpul bersama untuk menghadiri Puncak  Peringatan Dies Natalis Sewindu Universitas Widyatama dan 37 Tahun Yayasan Widyatama yang dilaksanakan di ruang serbaguna Universitas Widyatama. Semoga  di tahun mendatang kita semua masih berkesempatan berkumpul seperti ini atas izin dan ridho Allah Subhanuhu wata’alla.

Selanjutnya belum terlambat apabila  pada kesempatan ini  saya menyampaikan selamat hari Raya Idhul Adha 1430 H dan Tahun baru Hijriah kepada umat Muslim, selamat Hari Raya Natal  kepada umat Nasrani yang merayakannya, dan selamat Tahun Baru 2010 bagi kita semua, semoga di tahun 2010 ini kita semua semakin mendapat berkah dan kemajuan dalam semangat kebersamaan menyongsong masa depan yang lebih baik .

Hadirin sekalian,
Peringatan hari jadi kali ini mengambil tema “Terima Kasih Widyatama”, yang merupakan pengejawantahan rasa hormat, terima kasih dan penghargaan saya selaku Pendiri Lembaga Pendidikan ini kepada semua pihak, baik perseorangan maupun kelembagaan, yang telah menyumbangkan tenaga, financial, material maupun pemikiran guna memajukan pendidikan di Universitas Widyatama yang kita cintai dan kita banggakan. Ucapan terima kasih, dan penghargaan juga saya sampaikan secara khusus kepada Sdr Rektor beserta jajarannya yang dengan inovasi dan kerja kerasnya telah berhasil meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Widyatama . Di samping itu saya juga perlu menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para dosen, para karyawan, para mahasiswa yang sudah bekerja tidak mengenal lelah dalam memajukan pendidikan di Widyatama tercinta.

 

 

Hadirin sekalian,
Sebelum saya melanjutkan sambutan ini, saya ingin menyampaikan pengantar singkat. Tadi pagi sekitar pukul 08.00 , kita semua telah melakukan dan menyaksikan kegiatan “Widyatama berpagar buku” hasil karya para sivitas akademika Universitas Widyatama yang sangat membanggakan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah suatu usaha untuk meningkatkan kebersamaan dan Bench Mark Widyatama, Semoga hasil karya Saudara – saudara ini akan selalu dikenang sepanjang masa dan akan menjadi momentum perjalanan sejarah para sivitas akademika Widyatama menuju masa depan yang lebih baik.

Melalui kegiatan yang telah dilaksanakan ini, saya mengajak para sivitas akademika khususnya para dosen dan jajaran Pimpinan Universitas & Fakultas, untuk lebih meningkatkan kepedulian, saya ulangi lebih meningkatkan kepedulian pada Institusi pendidikan yang lebih berkualitas, sekaligus meningkatkan profesionalisme para dosen dalam mengemban amanah yang sangat mulia ini. Mari kita jadikan kegiatan ini , sebagai bagian dari proses kepedulian dan kebersamaan kita pada peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Widyatama yang kita cintai .

 

 

Saudara saudara sekalian,
Abad ini, kita kenal sebagai abad pengetahuan atau knowledge age. Pada abad ini, tantangan pembangunan pendidikan tidaklah menjadi semakin ringan. Paradigma embangunan pendidikan telah memasuki ranah yang makin kompleks dan beragam. Paradigma pendidikan di era abad pengetahuan lebih mengutamakan proses pendidikan sepanjang hayat (life long education). Proses pembelajaran yang lebih berfokus pada tatanan yang makin holistik, menuntut adanya perubahan hubungan Dosen-Mahasiswa, dari yang bersifat hierarkis formal menjadi hubungan yang ersifat kemitraan.

Oleh karena itu manajemen pendidikan di abad ini, dituntut harus mampu menyelenggarakan pendidikan yang makin modern, professional dan transparan. Dalam rangka transparansi ini Manajemen Widyatama telah mempublikasikan laporan posisi keuangan dan laporan aktivitas hasil audit eksternal Kantor Akuntan Publik Sanusi, Supardi & Soegiarto dengan pendapat wajar tanpa pengecualian diharian Nasional Pikiran Rakyat pada Kamis tanggal 31 Desember 2009.

 

 

Hadirin yang saya hormati
Manajemen pendidikan harus sanggup menjadikan lembaga-lembaga pendidikan sebagai penyelenggara proses belajar mengajar yang makin bermutu, Konsekuensinya endidikan yang kita selenggarakan harus mampu melakukan perubahan yang mendasar dalam pengembangan kualitas profesi para dosen. Sosok dosen yang sangat kita harapkan di abad pengetahuan ini adalah dosen yang mempunyai keteguhan iman dan taqwa mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi dan enguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta punya wawasan jauh ke depan

Dosen sudah seharusnya mampu menjadi insan pendidik yang makin profesional, kreatif dan dinamis. Insan pendidik yang sanggup menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang inovatif atau innovative learning environment. Insan pendidik yang sanggup menunaikan peran multi fungsi sebagai fasilitator, motivator, komunikator, transformator, bahkan sebagai agen perubahan (agent of change). Sejalan dengan itu, Saudara-saudara, para dosen harus mampu melakukan reformasi metodologi pembelajaran yang berorientasi kepada Mahasiswa dan bukan kepada dosen. Dengan peran multi fungsi itu, para dosen diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan teknologi, sekaligus mampu membentuk sikap, jiwa dan karakter Mahasiswanya agar mampu bertahan di era kompetisi yang semakin ketat .

 

 

Hadirin yang saya cintai,
Untuk menjadikan Universitas Widyatama menjadi ”salah satu perguruan tinggi modern dan excellent” memang masih panjang, dan memerlukan komitmen tinggi serta menuntut konsistensi kita semua. Namun harus kita akui bersama dalam beberapa tahun terakhir ini sebagai lembaga pendidikan, Widyatama realitasnya terus bertumbuh dan berkembang, serta tidak sedikit capaian dan pengakuan yang diperoleh, juga peningkatan jumlah peminatan mahasiswa, namun di sisi lainnya masih banyak hal-hal yang harus kita perbaiki dan sempurnakan dan tingkatkan terus antara lain proses belajar mengajar, rasio dosen dan mahasiswa, sarana pendukung belajar mengajar, kualitas Sumber Daya Manusia, kualitas kepemimpinan maupun kualitas lulusan.

 

 

Para hadirin yang saya hormati
Seiring dengan peringatan acara Dies Natalis Sewindu Universitas dan 37 tahun Yayasan Widyatama, berbagai acara telah digelar sejak pertengahan September 2009 dan sebagai acara puncaknya, hari ini adalah Widyatama Bersama Dalam Cita. Semua rangkaian acara tersebut dikemas sedemikian rupa dengan nuansa pengabdian, kepedulian dan perasaan bersyukur sebagai refleksi atau ungkapan kebahagiaan dari Keluarga Besar Widyatama atas anugerah dan prestasi yang selama ini dapat kita capai , kita juga mengukir sebuah catatan sejarah penting dan membanggakan , yakni untuk kedua kalinya eberapa Dosen Universitas Widyatama telah dinyatakan lulus sertifikasi dosen oleh Dirjen Dikti Depdiknas, untuk itu mereka berhak memperoleh Sertifikat Pendidik sebagai bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga professional jenjang pendidikian Tinggi. Sertifikasi dosen ini merupakan salah satu upaya Depdiknas meningkatkan mutu pendidikan Nasional, dan memperbaiki kesejahteraan hidup dosen,dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya.

Kepada para dosen yang menerima sertifikat pendidik, saya sangat mengharapkan saudara dapat menjadi contoh dalam kwalitas sebagai tenaga pendidik yang mempunyai akhlak mulia dan kepada para dosen yang belum menerima sertifikat pendidik ini diharapkan tetap bekerja keras dan meningkatkan partisipasinya dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Universitas Widyatama. Saya percaya kerja keras saudara pasti akan membuahkan hasil yang kita harapkan bersama.

 

 

Hadirin yang saya muliakan
Pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak panitia dan para partisipan lainnya yang telah mendukung dan mensukseskan berbagai rangkaian acara memperingati Dies Natalis Sewindu Universitas dan 37 tahun Yayasan Widyatama , marilah peringatan kali ini kita jadikan tonggak bersejarah agar kita dapat lebih bersemangat dan lebih berjuang keras guna mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi di masa depan.

Tidak lupa, saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badan Penbina, Badan Pengurus Yayasan Widyatama yang selama ini telah mengerahkan segala tenaga dan pikirannya demi memajukan yayasan ini. Ungkapan serupa juga saya sampaikan kepada Rektor, para Dekan dan Civitas Akademica serta para Alumni Universitas Widyatama yang selama ini telah menunjukkan dedikasi dan loyalitasnya demi mengharumkan nama Universitas Widyatama. Akhirnya, seiring dengan peringatan ini, saya mengajak semua pihak untuk mencanangkan tekad guna meningkatkan semangat dan pengabdian kita demi mencapai keberhasilan yang lebih baik di masa depan bagi Yayasan Widyatama maupun Universitas Widyatama.

Semoga Allah Subhannahu Wata’alla senantiasa memberkati dan melindungi setiap langkah perjuangan kita ke depan. Amin. Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufik Walhidayah , Wasasalamu alaikum warahmatullahi wabarolatuh.

rdquo;KIBARKAN BENDERA KEWAJIBAN”, ”HADAPI TANTANGAN”,  rdquo;DIRGAHAYU WIDYATAMA ”

Bandung, 3 Januari 2010

Badan Pengurus Yayasan Widyatama

Prof. Dr.Hj. Koesbandijah A.K., S.E., M.S., Ak.

Buletin Dies Natalis
Dua Entrepreneur Bandung Raih Ismbea 2009