Penelitian Pembangunan Sistem Informasi Di Kecamatan Parongpong

Penelitian Pembangunan Sistem Informasi Di Kecamatan Parongpong

Beberapa Dosen Program Studi Sistem informasi, Fakultas Teknik, Universitas Widayatama (UTama), melakukan kegiatan penelitian di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Penelitiannya yakni mengenai produk sistem informasi desa, berupa website dan aplikasi pembuatan surat keterangan berbasis android, Senin (27/12/2021).

Mereka mengundang para perwakilan dari kader PKK, ketua RT, Ketua RW untuk melihat sejauh mana peran teknologi informasi. Mereka juga diberikan pelatihan.

Ketua Klaster Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Sistem Informasi, Dr. M. Rozahi Istambul, S.Kom., M.T., mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi informasi di era sekarang ini sudah menjadi budaya di masyarakat, termasuk yang berada di lingkungan pedesaan. Ia melakukan itu bersama dua anggta timnya yakni Hari Supriadi, ST., M.Kom dan Aminuddin, ST., M.Kom.

“Dengan aplikasi yang dibuat, nanti urusan pembuatan surat, seperti surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, surat keterangan lainnya bisa diminta via aplikasi yang langsung terhubung ke desa atau kecamatan. Namun tetap akan diverifikasi dari RT RW nya,” kata Rozahi.

Hibah Dikti 2021 Rozahi Universitas Widyatama copy 1024x768 - Penelitian Pembangunan Sistem Informasi Di Kecamatan Parongpong

“Pelaksanaan kegiatan kluster pengabdian masyarakat kali ini, terkait “workshop penggunaan aplikasi pelayanan masyarakat Desa” yang pelaksanaannya di Kecamatan Parongpong,” imbuhya.

Lebih lanjut kata Rozahi, kegiatan penelitian tersebut juga merupakan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) terkait pembelajaran kolaboratif.

Oleh sebab itu selain dosen, ada delapan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, yang sedang melaksanakan program MBKM, turut serta dalam kegiatan itu.

Hasil kegiatannya akan direkognisi penilaiannya ke dalam sejumlah mata kuliah.

Hibah Dikti 2021 Universitas Widyatama copy 1024x768 - Penelitian Pembangunan Sistem Informasi Di Kecamatan Parongpong

Dengan adanya pelatihan aplikasi pelayanan informasi bagi masyarakat desa juga, dapat memberikan peningkatan kinerja yang baik bagi staf kantor desa di Kecamatan Parongpong.

Di samping itu masyarakat juga dapat melihat berbagai hal kemajuan dari pemerintah desanya, melalui web.

“Pelatihan aplikasi pelayanan informasi bagi masyarakat desa dapat memberikan peningkatan kinerja yang baik bagi staf kantor desa di Kecamatan Parongpong. Masyarakat juga dengan penggunaan teknologi informasi ini dapat melihat berbagai hal kemajuan dari pemerintah desanya,” kata Rozahi.

Rozahi pun menjelaskan bahwa kegiatan tersebut didukung dari bantuan dana Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek tahun Anggaran 2021.

Hadir pada saat itu Camat Parongpong Iwan Mustawan, M.Ap., yang memberikan arahan mengenai pentingnya masyarakat untuk melek teknologi informasi, sehingga perkembangan teknologi yang ada saat ini dapat dimanfaatkan secara baik

(Sumber:majalahsora.com)

PkM Dosen UTama, Agar UMKM Kota Bandung dan Yogyakarta Siap Menghadapi Pasar Internasional
Prodi Sistem Informasi UTama Memberikan Pelatihan “Branding” Digital Market UMKM