Prodi Sistem Informasi UTama Memberikan Pelatihan “Branding” Digital Market UMKM

Prodi Sistem Informasi UTama Memberikan Pelatihan “Branding” Digital Market UMKM

Pemerintah berupaya melindungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998, sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat.

Terkait dengan UMKM, Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, Universitas Widyatama (UTama) Bandung bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Industri (DISDAGIN) Kota Bandung, mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), semester ganjil tahun akademik 2021-2022.

Dalam kegiatan itu Dosen Prodi Sistem Informasi UTama, memberikan pelatihan Digital Marketing, difokuskan pada materi “branding” bagi UMKM.

Dilangsungkan di kampus Universitas Widyatama, Jalan Cikutra no 204-A, pada hari Senin, tanggal 20 Desember 2021. Diikuti oleh 20 UMKM yang tergabung dalam komunitas DISDAGIN Kota Bandung.

Dalam kegiatan ini melibatkan 10 orang mahasiswa dan 4 orang dosen Prodi Sistem Informasi, sebagai fasilitator untuk pemecahan masalah yang dihadapi UMKM terutama dalam hal “branding” produk UMKM.

Kepala Prodi Sistem Informasi , Sri Lestari, Ir.,M.T., menjelaskan bahwa para UMKM, dalam kegiatan tersebut diberikan wawasan terkait pemanfaatan digital marketing khususnya “branding”.

Mulai dengan pengenalan digitasi, branding seperti logo, nama, dan sosial media hingga pengenalan digital branding yang merupakan proses membangun brand UMKM secara online melalui website, aplikasi dan sosial media.

“Para peserta juga dilatih pembuatan logo, nama dan pemilihan warna yang mudah diingat oleh konsumen dan memiliki arti tersendiri,” kata Sri.
“Contohnya mereka dikasih gambaran seperti, logo beberapa produk yang mudah diingat konsumen, seperti Starbucks, KFC dan lainnya. Apabila konsumen melihat logo itu mereka langsung ngeuh produk nya,” kata Sri baru-baru ini.

Masih kata Sri, kini sebagian besar UMKM, dalam memasarkan produk mereka, sudah menggunakan media digital, seperti media sosial Instagram dan facebook, dan sudah tergabung dalam beberapa marketplace.

Pada kesempatan itu Kasi Distribusi Barang Penting DISDAGIN Kota Bandung, Rohman Agus Jatnika, S.T.,M.M., Founder Adelie Studio, Sandi Pratama, hadir secara langsung.

Saat memberikan sambutan kegiatan Kasi Distribusi Barang Penting DISDAGIN Kota Bandung, Rohman mengapresiasi Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama yang menggelar kegiatan pelatihan digital marketing bagi UMKM komunitas DISDAGIN Kota Bandung.

“Saya haturkan terimakasih, kegiatan ini sangat bermanfaat, dan berharap dapat mendukung pemberdayaan UMKM di Kota Bandung,” kata Rohman.

Diketahui bisa terlaksananya kegiatan tersebut berkat bantuan dana dari LP2M UTama Bandung.

(Sumber:majalahsora.com)

Penelitian Pembangunan Sistem Informasi Di Kecamatan Parongpong
Pelatihan Sistem Informasi Desa Berbasis Online Bagi Aparatur Dan Masyarakat Desa Ciwaruga