Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Pemuda Indonesia mengikuti program Youth for Movement (Y4M) untuk mempelajari perbandingan Indonesia, Korea Selatan, dan negara-negara ASEAN di bidang pendidikan, pembangunan desa, dan ekonomi kreatif.

Peserta yang terdiri dari mahasiswa terbaik berbagai universitas, antara lain IPB, UGM, UNAIR, UPI, ITS, dan Universitas Widyatama mengikuti kegiatan tersebut pada 16-19 Februari 2019, yang dilaksanakan oleh Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara Bogor. (Dikutip dari sumber : AntaranewsKalsel)

icheon airport 1024x768 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Universitas Widyatama yang diwakili oleh Restu Dehin Saputra (061401020) Program Studi Teknik Informatika merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang mengikuti program ini.

Berdasarkan keterangan tertulis Youth for Movement yang diterima di Jakarta, Sabtu, disebutkan bahwa para mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan pertama yakni Joint Conference Y4M-ASEAN Youth Network Korea (AYNK) di Seoul City Hall, Korea Selatan pada 17 Februari.

keberangkatan soeta 1024x768 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Sesi ini ditujukan agar pemuda Indonesia dapat mengkomparasi Indonesia dan Korea serta negara-negara di ASEAN terkait pendidikan, pembangunan desa,dan ekonomi kreatif.

Perbandingan tersebut diharapkan dapat memberikan pencerahan untuk memberi solusi atas permasalahan di Indonesia dari solusi yang telah berhasil diterapkan di negara-negara ASEAN ataupun Korea.

asean korea network office 768x1024 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Presiden AYNK Ms.Hongsanass sekaligus mengenalkan organisasi dan program-program yang telah dilakukan.

case study 1024x682 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Setelah itu, para delegasi melakukan presentasi per kelompok terkait komparasi Indonesia dan Korea. Restu berkelompok dengan mahasiswa dari IPB dan UNAIR. kelomlok ini meraih predikat The Best Team dan The Best Idea. Sementara itu Restu juga meraih predikat Best Delegates.

Best Team and Best IDEA 1024x682 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Best Delegates Youth4Movement 2019 1024x682 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea

Tidak kalah menarik, setelah itu dilakukan FGD per kelompok yang membahas perbandingan dan solusi di bidang pendidikan, pengembangan desa dan ekonomi kreatif dari Indonesia, Korea, serta beberapa negara di ASEAN.

FGD 1 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea
Restu saat melakukan FGD di Youth 4 Movemen 2019

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Masjid Sirathal Mustaqim, Ansan, di mana para peserta berdiskusi dengan pekerja migran Indonesia di Kota Ansan.

Sesi ini ditujukan agar pemuda Indonesia dapat mengetahui perjuangan pekerja migran Indonesia dalam bekerja dan beribadah secara Islami, juga untuk mengetahui infrastruktur peribadatan umat Muslim di Korea Selatan.

sharing bersama buruh migran 1024x682 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea
sharing bersama Pahlawan Devisa

Dalam diskusi tersebut dibahas mengenai kehidupan pekerja migran Indonesia di Korea, makanan halal, toleransi ibadah, hingga beasiswa dan lapangan pekerjaan untuk warga Indonesia di Korea.

Dalam diskusi tersebut para peserta program mengetahui bahwa masyarakat Indonesia yang hendak bekerja maupun studi di Korea perlu beradaptasi dalam hal sulitnya akses dan izin untuk shalat, mendapat makanan halal, serta tingginya tekanan dalam mengampu pendidikan tinggi.

Yang lebih menarik lagi, ternyata diungkap bahwa pekerja migran asing yang beragama Islam cenderung lebih solid karena merasa sebagai minoritas. Banyak diantara mereka menjadikan masjid Sirathal Mustaqim Ansan sebagai rumahnya.

kbri seoul 1024x768 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea
Delegasi berkunjung ke KBRI Seoul

Keesokan harinya, para peserta mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan Imam Besar Korea Muslim Federation (KMF) di Seoul Central Masjid.

Kegiatan ini dilaksakan agar para pemuda Indonesia mengetahui perjuangan dan peran KMF di Korea, salah satunya sebagai lembaga penerbit sertifikasi halal di Korea.

Selanjutnya pada 19 Februari, dilaksanakan kunjungan pendidikan ke Kedutaan Besar RI di Korea Selatan, di mana para peserta diberi pemahaman mengenai tugas-tugas perwakilan RI di luar negeri dan bagaimana KBRI Seoul dapat menjaga dan melindungi WNI di Korea Selatan secara berkelanjutan. dilanjutkan ke Gyongbokgung seoul dan Kyunghee University Seoul.

gyongbokgung seoul 1024x497 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea
Bekunjung ke Gyongbokgung Seoul
kyunghee university seoul 1024x682 - Mahasiswa Widyatama Ikuti Program Youth for Movement (Y4M) di Korea
Kyunghee University Seoul

Sesi ini dihadiri oleh Duta Pemegang Fungsi Pendidikan, Sosial Budaya dan Diplomasi Publik KBRI Seoul Purno Widodo yang menyampaikan materi mengenai fungsi-fungsi KBRI dan peluang beasiswa untuk studi di Korea Selatan.

Kegiatan Y4M ini diharapkan akan terus berlanjut guna memberikan inspirasi pemuda Indonesia dalam membangun bangsanya.

6 Program Studi di Widyatama Siap Meraih Akreditasi Internasional
Pekan Cahaya Qur’an VI: Semarak Ramadhan 1440 H di Universitas Widyatama