Keterlibatan Lulusan Sistem Informasi dalam Dunia Kerja

Sabtu (2/1), Program Studi Sistem Informasi-S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama telah menyelenggarakan Kuliah Umum dengan Tema “Peranan Strategi Sistem Informasi dalam Dunia Industri dan Dunia Kerja” berlokasi di Ruang B108. Kegiatan ini mengundang dua pembicara pakar senior bidang perancangan sistem informasi perusahaan, Bapak Satria Fextha, B.Eng., M.Eng., PhD. dan Ibu Linda Indrayanti, S.Kom., M.Eng., Dr. Eng.

Bapak Hari Supriyadi, S.T., M.Kom  selaku Sekretaris Program Studi Sistem Informasi membuka jalannya kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa tingkat 1 dan 2. Dilanjutkan oleh Bapak Satria sebagai pembicara pertama, yang memiliki profil segudang beasiswa yang pernah diraihnya.

Dalam paparannya, Satria berbagi pengalaman menimba ilmu kuliah di Negara Sakura. Kiat-kiat mendapatkan beasiswa,khususnya di bidang Informatic System yang ditekuninya. “Ilmu harus dipupuk dari masa sekarang, karena sangatlah tidak sulit mendapatkan beasiswa di Negara Jepang” imbuh pria lulusan Strata 3 di Universitas Kumamoto Jepang tersebut. “Open Mind about scholarship”, jelasnya. Ia menegaskan bahwa beasiswa tidak hanya dapat diraih dari pemerintah atau yang sering dikenal Bidik Misi saja, namun banyak perusahaan jepang seperti Panasonic (http://www.panasonic.com/global/home.html), Sony, bahkan Yamaha (http://www.yamaha-motor.com/ )yang notabene pabrikan otomotif ternama membuka program beasiswa untuk engineering informatics system. Bagi yang ditanyakan berhak meraih beasiswa diberi opsi dapat menyelesaikan studi kemudian bekerja di perusahaan yang memberikan beasiswa atau tidak? kesempatan besar ini tidak disia-siakan oleh perusahaan sebagai upaya pemenuhan Sumber Daya yang berkualitas.

Berbeda halnya dengan Linda, pembicara kedua, beliau menjelaskan mengenai pemahaman bakat dan kemampuan, serta tips untuk merancang rencana penelitian guna mencapai keinginan pasar global agar dapat terealisasi dan menjadi sebuah terobosan inovasi pada perusahaan tempat mereka bekerja nanti. Adanya peranan dosen pembimbing yang baik, menjadikan langkah awal strategis mahasiswa untuk bersaing dalam bidang industri.

Luaran yang diharapkan dalam kuliah umum tersebut adalah mahasiswa memiliki pemikiran luas bahwa hanya mengandalkan Strata 1 pun tidak cukup. Membuka wawasan perihal banyaknya perusahaan dan universitas di luar negeri yang memberikan program beasiswa penuh dan faktanya, Indonesia merupakan negara terbesar “pengimpor” mahasiswa berkuliah di manca negara disusul oleh Korea dan China.