Penyelenggaraan Program Pengenalan Universitas (PPU) Universitas Widyatama

Penyelenggaraan Program Pengenalan Universitas (PPU) Universitas Widyatama

Penyelenggaraan Program Pengenalan Universitas (PPU)

Pada Selasa (26/08/2014), mahasiswa Baru Universitas Widyatama Tahun Ajaran 2014/2015 mengikuti Program Pengenalan Universitas (PPU) bertempat di Auditorium Serba Guna Universitas Widyatama. “Selamat pagi cama, selamat pagi cami” begitu sapaan akang dan teteh mentor ketika menyambut keluarga baru civitas academica yang masih berseragamkan putih abu itu.

Bagi mereka, Mahasiswa baru itu dianggap sebagai Cama (Calon Mahasiswa) atau Cami (Calon Mahasiswi) yang akan melepas masa menengah atas ke Jenjang perkuliahan. “Suatu hal yang harus kita garis bawahi,  ketika rotasi masa remaja menjadi masa dewasa itu di Universitas, kita semakin berfikir mau jadi apa kita nanti.” Ujar Dea seorang mahasiswi baru di Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi D3.

Program Pengenalan Universitas (PPU) 2

Pada dasarnya kegiatan Orientasi memiliki tujuan mulia untuk mempersiapkan mahasiswa baru untuk memasuki lingkungan pendidikan yang baru dengan serangkaian acara yang dipadatkan dalam beberapa hari. Paradigma ospek yang penuh kekerasan dan ajang penggemblengan harus mulai berubah dengan hal-hal yang lebih positif.

Bahkan, ospek harus dihentikan selama perguruan tinggi belum bisa mengubah proses pengenalan kampus dengan cara yang baik dan santun. Ini adalah sebuah kemasan baru Universitas Widyatama dalam menyelenggarakan ospek yang jauh akan SARA, Kekerasan dan  “perploncoan” dari seniornya. Kegiatan yang lebih mencakup di bidang akademik dan pengolahan softskill lebih di tonjolkan agar lebih bermanfaat bagi mahasiswa baru yang sebentar lagi akan menjalankan perkuliahan. Acara ini berlangsung selama 4 hari, adapun kegiatan PPU tahun ini meliputi, Sidang Senat terbuka , Motivasi, berorganisasi, Wawasan kampus, Ceramah tentang Kebangsaan dari Bapak Ridwan Kamil Walikota yang diwakili oleh Kadis Pendidikan Kota Bandung  tentang Program-program kota Bandung menuju Bandung Juara selaku Walikota Bandung dsb.

Kami ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, dan kami berterimakasih atas kepercayaannya memilih Universitas Widyatama sebagai tempat menuntut ilmu serta mudah-mudahan kepercayaan yang diberikan para orang tua mahasiswa, masyarakat dan lapangan kerja akan bermuara pada pencapaian sasaran kita bersama, yaitu manusia yang berkualitas dengan akhlak dan moral yang tinggi.