DSC 3560 copy - Sejarah Widyatama

Sejarah Widyatama

Yayasan Widyatama semula bernama Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Akuntansi Bandung (YPPAB) yang didirikan di Bandung pada tanggal 3 Januari 1973 atas prakarsa ibu Prof. Dr. Hj. Koesbandijah AbdoelKadir, MS, Ak (Almh).  Yayasan ini mengelola Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan Program Studi Strata Satu (S1) Akuntansi. Pada Tahun 1979 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (YASTIEB) dan mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dengan program S1 Jurusan Akuntansi dan program S1 Jurusan Manajemen, yang pada tahun 1995 ditambah dengan program D3 Jurusan Akuntansi dan D3 Jurusan Manajemen.

Mengikuti perkembangan kebutuhan serta perkembangan Yayasan sendiri, berdasarkan akta notaris Lien Tanudirdja, SH tanggal 3 Januari 1993, nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Widyatama. Yayasan ini mengelola bidang ekonomi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung-STIEB), teknik (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung-Widyatama), bahasa (Sekolah Tinggi Bahasa Bandung-Widyatama), desain komunikasi visual (Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual-Widyatama) dan Program MM Widyatama, serta Program Profesi Akuntansi (PPA). Keempat sekolah tinggi, dan program MM mulai 1 Agustus 2001 telah Bergabung menjadi Universitas Widyatama yang terletak di Jl Cikutra No. 204 A Bandung, dengan luas kampus lebih kurang 50.000 m2.

Pendirian Universitas Widyatama tersebut sesuai dengan misi Yayasan yaitu membantu Pemerintah Republik Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara menyelanggarakan lembaga pendidikan yang mengembangkan berbagai disiplin ilmu. Aktifitas pendidikan yang diselenggarakan lembaga pendidikan di atas bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat (berbasis kompetensi), mampu beradaptasi dengan lingkungan kerjanya nanti serta dapat mengikuti perkembangan kemajuan dalam suasana global.

Saat ini Yayasan Widyatama diketuai oleh Ibu Sri Lestari A. roespinoedji, S.H selain menyelenggarakan Universitas  juga memiliki satuan pendidikan yaitu LPAP dan LPK Art Theraphy Center (ATC) Widyatama.

Lembaga Pengembangan dan Aplikasi Ilmu Pengetahuan (LPAP) merupakan satuan pendidikan yang memberikan pelayanan kepada peserta didik dan pihak lain yang memerlukan dalam mengembangkan ilmu dan mengaplikasikannya ditengah-tengah masyarakat. Sedangkan LPK Art Theraphy Center (ATC). Widyatama merupakan satuan pendidikan berbasis seni dan desain yang akan memfasilitasi pelatihan bagi anak didik berkebutuhan khusus.

Lulusan Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Berdaya Saing Tinggi
Internasional Program Universitas Widyatama