Pelatihan Sistem Informasi Desa Berbasis Online Bagi Aparatur Dan Masyarakat Desa Ciwaruga

Pelatihan Sistem Informasi Desa Berbasis Online Bagi Aparatur Dan Masyarakat Desa Ciwaruga

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) dosen dan mahasiswa Universitas Widyatama dilakukan di berbagai tempat.

Salah satunya di Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Desa (SID) berbasis web, hasil dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dilaksanakan di Gadung Serba Guna, Desa Ciwaruga, pada hari Selasa, tanggal 28 Desember 2021.

Hibah Dikti Universitas Widyatama 1 1024x768 - Pelatihan Sistem Informasi Desa Berbasis Online Bagi Aparatur Dan Masyarakat Desa Ciwaruga

“Ini merupakan program MBKM terkait pembelajaran kolaboratif, sehingga kegiatan ini dilaksanakan juga oleh mahasiswa yang berjumlah 10 orang. Hasil kegiatannya akan direkognisi (penilaiannya) ke dalam sejumlah mata kuliah,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan, Dra. Yani Iriani, M.T., baru-baru ini, didampingi anggota pelaksana kegiatan, Ucu Nugraha, S.T., M.Kom. dan Riki Ridwan Margana, S.T., M.T.

Yani pun menjelaskan bahwa kegiatan itu diikuti sekitar 150 peserta, terdiri dari aparat desa, Ketua RT/RW, Ibu-ibu PKK, dan lainnya. Saat pembukaan dihadiri Iwan Mustawan Aziz, M.Ap., Camat Parongpong, dan Dadan Carmana, A.Md., Kepala Desa Ciwaruga.

Hibah Dikti Universitas Widyatama 2 1 1024x768 - Pelatihan Sistem Informasi Desa Berbasis Online Bagi Aparatur Dan Masyarakat Desa Ciwaruga

“Diharapkan dengan diimplementasikan SID ini akan meningkatkan kinerja layanan perangkat desa, dan mempermudah serta mempercepat dalam urusan admisnistrasi dan informasi kepada masyarakat dan stakeholders. Secara tidak langsung peranan SID ini dapat menunjang terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Yani.

Labih lanjut dirinya menjelaskan, bisa terlaksananya kegiatan tersebut, atas dukungan Ditjen Diktiristek berupa bantuan dana Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta, tahun Anggaran 2021.

(Sumber:majalahsora.com)

Prodi Sistem Informasi UTama Memberikan Pelatihan “Branding” Digital Market UMKM
Bantuan Hibah Dikti, Dosen UTama Kembangkan Sistem Pembelajaran dan Pustaka Online Di Pesantren Cileles