Prodi Bahasa Inggris UTama Memberikan Pelatihan Test TOEFL dan Sertifikat Test TOEFL Kepada Guru dan Siswa SMKN 5 Bandung

Prodi Bahasa Inggris UTama Memberikan Pelatihan Test TOEFL dan Sertifikat Test TOEFL Kepada Guru dan Siswa SMKN 5 Bandung

WhatsApp Image 2021 04 05 at 14.36.25 3 - Prodi Bahasa Inggris UTama Memberikan Pelatihan Test TOEFL dan Sertifikat Test TOEFL Kepada Guru dan Siswa SMKN 5 Bandung

Penguasaan berbagai keahlian di era globalisasi seperti sekarang ini, sangat dibutuhkan. Termasuk penguasaan bahasa asing, tidak terkecuali bahasa Inggris.

Oleh sebab itu perlu disiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kompetitif di dalam negeri, termasuk untuk besaing dengan SDM dari mancanegara di berbagai bidang.

Hal itu dilaksanakan pada saat Prodi Bahasa Inggris UTama melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

WhatsApp Image 2021 04 05 at 14.36.26 1024x576 - Prodi Bahasa Inggris UTama Memberikan Pelatihan Test TOEFL dan Sertifikat Test TOEFL Kepada Guru dan Siswa SMKN 5 Bandung

Pihak UTama dan SMKN 5 Kota Bandung, sebelumnya telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama  (MoU) di SMKN 5 yang berlokasi di Jl. Bojong Koneng No.37A, Sukapada, Kec. Cibeunying Kidul..

Dekan Fakultas Bahasa, Dr. Hendar, Drs., M.Pd., menandatangani kesepakatan kerjasama dengan perwakilan dari SMKN 5 Bandung.

Sedangkan untuk kegiatannya telah dilaksanakan, Sabtu (6/2/2021), melalui workshop.

Pemapaparan materi tes TOEFL nya diberikan oleh Dr. Ervina CM Simatupang, Kepala Program Studi Bahasa Inggris, dengan tema “Manfaat Tes TOEFL dan Penggunaan Aplikasi Digital dalam Persiapan Tes TOEFL”.

WhatsApp Image 2021 04 05 at 14.36.24 1 1024x576 - Prodi Bahasa Inggris UTama Memberikan Pelatihan Test TOEFL dan Sertifikat Test TOEFL Kepada Guru dan Siswa SMKN 5 Bandung

Berikutnya dilakukan tes TOEFL pada Sabtu (20/2/2021). Kedua kegiatan itu dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting.

“Untuk mengikuti tes TOEFL, guru dan siswa SMKN 5, perlu dipersiapkan dengan memahami format dan strategi soal tes, agar mendapatkan skor tes yang memuaskan,” kata Hendar, Senin (5/4/2021).

Tujuannya kata Hendar agar mereka memiliki sertifikat TOEFL dengan skor yang memuaskan dan bermanfaat, khususnya bagi siswa SMKN 5 Kota Bandung. Karena sertifikat tersebut dapat  digunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah mereka tamat sekolah.

“Dengan sertifikat ini, siswa SMKN 5 juga memiliki nilai tambah (added value) karena mereka  memiliki pengalaman test TOEFL dan pemahaman tentang TOEFL,” kata Hendar.

WhatsApp Image 2021 04 05 at 14.36.24 1024x576 - Prodi Bahasa Inggris UTama Memberikan Pelatihan Test TOEFL dan Sertifikat Test TOEFL Kepada Guru dan Siswa SMKN 5 Bandung

Dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini, melibatkan beberapa dosen tetap bahasa Inggris, Prodi Bahasa Inggris UTama, yaitu Dr. Hero Gunawan, Drs, M.Pd . Puspita Sari, S.S., M.Hum dan Alvii Timothy Siregar, M.A.

“Selain memberikan pelatihan, kami juga memberikan kuesioner kepada siswa SMKN 5 Bandung. Hasil kuesioner tersebut akan menjadi data penelitian yang akan kami lakukan, untuk mengetahui efektivitas aplikasi digital dalam mempersiapkan mereka menghadapi tes TOEFL,” pungkas Hendar.

Sementara itu Kepala SMKN 5, Dra. Nani Sri Iryani menyambut baik kegiatan tersebut. Nani berharap kegiatan itu dapat dilaksanakan tidak hanya sekali, namun dilakukan secara reguler dan terjadwal.

(Sumber : majalahsora.com)

Universitas Widyatama Terus Berupaya Membantu Pemerintah Memutus Penyebaran COVID-19
Prof Obi: Ini Soft Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Setiap Individu Agar Kompetitif Di Era Industri