PKM Prodi Bahasa Inggris UTama Bantu Guru Dan Siswa SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional Bandung

PKM Prodi Bahasa Inggris UTama Bantu Guru Dan Siswa SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional Bandung

Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, Universitas Widyatama (UTama), baru-baru ini memberikan pelatihan memanfaatkan aplikasi Google form, quiziz dan Propofs, bagi guru SMAN 1 Rancaekek, Kabupaten Bandung dan SMA Nasional, Kota Bandung untuk pembelajaran di kedua sekolah itu.

Kegiatannya sendiri diberi tema “Penggunaan Aplikasi dalam Membuat Soal yang Lebih Efektif untuk Siswa serta Pelatihan dan Pengetesan Test TOEFL”. Dilangsungkan dalam jaringan melalui zoom meeting, Kamis (12/8/2021)

Dr. Ervina CM Simatupang, M.Hum., Ketua Prodi Bahasa Inggris UTama menjelaskan, bahwa diadakannya kegiatan tersebut dilatar belakangi oleh pandemi yang memaksa pembelajaran di banyak sekolah di tanah air dilakukan dalam jaringan. Sehingga para guru harus “mengupgrade” kemampuan mengajarnya, terlebih dalam memanfaatkan teknologi digital, untuk menyampaikan materi kepada para siswa, termasuk saat memberikan latihan/tes secara online.

WhatsApp Image 2021 08 16 at 14.37.42 - PKM Prodi Bahasa Inggris UTama Bantu Guru Dan Siswa SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional Bandung
Dr. Ervina CM Simatupang, M.Hum., Ketua Prodi Bahasa Inggris UTama (tengah)

Sedangkan alasan Prodi Bahasa Inggris UTama, memberikan pelatihan memanfaatkan aplikasi Google form, quiziz dan Propofs itu, karena bisa digunakan oleh para guru dalam membuat soal yang lebih menyenangkan.

Aplikasi tersebut juga kata Ervina memiliki fitur-fitur yang lebih mudah dan bervariasi, sehingga pembelajaran bisa dilakukan lebih menyenangkan, tidak monoton dan membosankan.

“Para siswa juga diharapkan lebih antusias dalam mengikuti pembelajarannya,” kata Ervina, Sabtu (14/8/2021), pemateri juga penulis buku Digital Applications.

WhatsApp Image 2021 08 16 at 14.37.11 1024x576 - PKM Prodi Bahasa Inggris UTama Bantu Guru Dan Siswa SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional Bandung

Pada kesempatan yang sama Dr. Hendar, M.Pd., Dekan Fakultas Bahasa, yang membuka kegiatan, mengatakan, di samping memberikan pelatihan bagi guru SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional para Dosen Prodi Bahasa Inggris juga memberikan pelatihan tips and triks TOEFL. Pelatihan itu juga memberikan “added value” atau nilai tambah bagi siswa SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional Bandung sambung.

Pelatihan TOEFL itu juga bisa menjadi bekal bagi para peserta agar berhasil dalam mengikuti tes TOEFL dan mendapat sertifikat. Kelak bisa digunakan untuk memenuhi berbagai persyaratan yang diperlukan. Khususnya dalam menguasai dan paham perbendaharaan kata Bahasa Inggris.

Adapun dosen yang memberikan materi tentang TOEFL, yaitu Dr. Hero Gunawan, M.Pd., Hj. Ida Zuraida, S.S., M.Pd., menyampaikan materi mengenai tips untuk listening. Sedangkan Puspita Sari memaparkan mengenai tips bagaimana memahami structure. Berikutnya Meita Sujatna, S.S., M.Hum., menyampaikan materi tips dan tricks reading.

WhatsApp Image 2021 08 16 at 14.37.41 1024x576 - PKM Prodi Bahasa Inggris UTama Bantu Guru Dan Siswa SMAN 1 Rancaekek dan SMA Nasional Bandung

Diketahui kegiatan PKM diikuti oleh ratusan peserta, mereka pun sangat antusias menyimaknya. Berlangsung selama tiga jam dari pukul 13.00-16.00. Acaranya dipandu oleh Sekretaris Prodi Bahasa Inggris Heri Heryono, S.S., M.Hum., dan pemberian questionare oleh Alvii Timothy Siregar, S.S., M.A.

“Terima kasih karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru dan siswa kami,” kata Yuli Rosdiati, S.Pd., salah satu Guru SMAN 1 Rancaekek.

(Sumber : majalahsora.com)

Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si. Ajak Jajaran Widyatama Kenang Jasa Pahlawan Kemerdekaan
WIBI UTama Dampingi Wirausaha Muda Menjadi Pengusaha Tangguh