Perkuat Implementasi MBKM, 7 Dosen UTama menjadi Dosen Pembimbing Lapangan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

Perkuat Implementasi MBKM, 7 Dosen UTama menjadi Dosen Pembimbing Lapangan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

Universitas Widyatama kembali memperkuat implementasi program MBKM dari pemerintah, kini tujuh dosen dari UTama terpilih menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) setelah melalui beberapa proses seleksi , untuk membantu kerjasama dengan mitra MBKM, tujuh dosen tersebut telah mendapatkan SK dari Kemendikbud.

Dosen DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) MSIB merupakan perwakilan akademisi yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang yang relevan dengan bidang bisnis mitra program MSIB atau memiliki pemahaman yang memadai tentang project yang dilaksanakan di Mitra tersebut, Peran DPL MSIB adalah :

  1. Mendampingi mitra sebagai konsultan akademik pada project/posisi dalam program magang/studi independen yang dibuka oleh mitra.
  2. Melakukan review terhadap penilaian awal/initial assessment maupun penilaian akhir/final assessment yang ditetapkan mentor.
  3. Melakukan evaluasi secara berkala terkait kondisi pembelajaran secara umum di masing-masing mitra dan memberikan rekomendasi rancangan kegiatan/pembelajaran agar kompetensi yang ditetapkan sebagai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dapat tercapai.
  4. Membuat rekomendasi yang disampaikan pada kordinator perguruan tinggi terkait konversi SKS yang dapat dilakukan dalam program MSIB di mitra yang didampinginya
  5. Melakukan kordinasi dengan mentor di mitra terkait secara berkala..

Career Center Universitas Widyatama yang ditunjuk sebagai PIC dalam kegiatan Magang Bersertifikat dan Studi Independen di Kemendikbud membantu para dosen DPL ini mulai dari proses penyebaran informasi. Pendaftaran Dosen Pembimbing Lapangan ini, sampai diterimanya ke 7 dosen tersebut. Pada hari selasa tgl 17 Mei 2022 Career Center Universitas Widyatama yang dikepalai oleh Ibu Yelli Eka Sumadhinata, S.E., M.M. mengundang para dosen DPL ini untuk mendapat pengarahan dan apresiasi dari Universitas Widyatama dan Yayasan Widyatama atas prestasi yang diraih.

Pada kesempatan acara ini turut hadir pihak Rektorat dan Yayasan , Dekan, Wakil Dekan, Ka.Prodi, Sek.Prodi dari masing-masing dosen DPL , tak lupa ke 7 dosen tersebut.

Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum. (Plt. Rektor Universitas Widyatama) mendukung penuh dosen terpilih tersebut. Beliau mengatakan Dosen harus bisa menjadi dosen penggerak tidak hanya mengajar akan tetapi dapat mentransfer ilmu yang berkualitas juga harus bisa menjadi penggerak mahasiswa.

“Dosen pembimbing dituntut untuk bisa mentransfer ilmu-ilmu yang berkualitas terhadap mahasiswa, dan juga tidak hanya fokus dalam kompetensi inti prodi tetapi harus bisa juga menjadi dosen penggerak mahasiswa dengan merancang kondisi-kondisi terutama yang tidak memungkinkan”.

Beliau pun menyampaikan jika kegiatan sudah selesai, DPL diharapkan membuat Bimbingan Teknis dan mencatat isu-isu strategis di lapangan dengan membuat laporan untuk didiskusikan bersama.
Pada rapat tersebut hadir pula LP2M UTama yang diwakilkan oleh Ucu Nugraha, S.T., M.Kom., (Kepala Bagian LP2M),

“Kami dari LP2M akan memberikan apresiasi kepada DPL tapi apresiasi tersbut masih dalam pengkajian , menunggu dasar hukum dari Universitas, system pengajuannya hampir sama dengan pengajuan jurnal”.

ketujuh dosen yang menjadi DPL adalah :

  1. Rendiyatna Ferdian, S.T., M.T.
  2. Siti Komariah, S.E., M.M.
  3. Ayuningtyas Yuli Hapsari, S.IP., M.M.
  4. Dr. Apriwandi, S.E., M.Sc., Ak., CA.
  5. Murnawan, S.T., M.T.
  6. Rosalin Samihardjo, S.T., M.Kom.
  7. Vincentia Wahju Widajatun, S.E., M.M.
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Widyatama (PILMAPRES), Program Baru dari Kemahasiswaan Widyatama
Tingkatkan Soft Skill dan Hard Skill, UTama Menggelar Kompetisi Debat Mahasiswa