Pentingnya Pembukuan, Dosen UTama Latih UMKM Rumah Sayur Garut, Membuat Laporan Keuangan

Pentingnya Pembukuan, Dosen UTama Latih UMKM Rumah Sayur Garut, Membuat Laporan Keuangan

Belum lama ini tim Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), Universitas Widyatama (UTama) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rumah Sayur Padaringan, Kabupaten Garut.

Dr. Rina Tresnawati, S.E.,M.M., Ketua Pelaksana PkM itu menjelaskan, pihaknya memberikan pelatihan pembukaan untuk pelaku UMKM tersebut.

“Kegiatan PkM kami dilaksanakan di UMKM Rumah Sayur Padaringan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Timur No 12, Suci, Kabupaten Garut, pada tanggal 14 Desember 2021,” kata Rina, baru-baru ini.

Diadakannya pelatihan itu, menurut Rina, karena manajemen keuangan merupakan salah satu bidang yang paling penting dalam sebuah perusahaan berskala besar maupun kecil baik profit maupun non profit, termasuk UMKM.

Lebuh lanjut ia menjelaskan bahwa pimpinan perusahaan atau manajemen sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan yang telah di analisis, karena hasil tersebut dapat dijadikan sebagai alat dalam pengambilan keputusan lebih lanjut untuk masa yang akan datang.

“Pembukuan merupakan bagian dari akuntansi. Pembukuan merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan dan pasti dibuat oleh perusahaan skala besar, yang jumlah omsetnya sesuai dengan Pasal 28 Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP),” kata Rina.

Perusahaan skala kecil pun disarankan untuk membuatnya. Meskipun bentuknya sederhana, pembukuan yang dilanjutkan dengan pembuatan laporan keuangan, khususnya laporan laba/rugi dan neraca, dapat memberi informasi bagi yang membaca, baik pemilik maupun pihak lain.

“Misalnya, informasi mengenai keuntungan/kerugian pada suatu periode, jumlah piutang dan utang, jumlah kas dan setara kas, jumlah persediaan, dan lain-lain,” jelas Rina.

WhatsApp Image 2022 01 03 at 11.07.52 AM e1641280579554 - Pentingnya Pembukuan, Dosen UTama Latih UMKM Rumah Sayur Garut, Membuat Laporan Keuangan

 

“Di samping itu, pembukuan bermanfaat untuk mencatat setiap transaksi usaha dan berguna sebagai sumber pembuatan laporan keuangan. Pelaku usaha dapat melakukan perencanaan berdasarkan laporan tersebut,” imbuhnya.

Namun karena kurangnya pengetahuan mengenai pembuatan dan penyusunan pembukuan yang benar bagi kalangan UMKM terutama pada UMKM yang baru berdiri, hal tersebut menjadi masalah pada pencatatan laporan keuangan.

Untuk menjawab masalah itu, melalui tim Dosen FEB UTama melaksanakan program PkM.

Tema dari kegiatan tersebut adalah Peningkatan “Kapasitas Ekonomi Keluarga Melalui Pemberdayaan Kemampuan Manajerial Dan Keuangan, UMKM Di Garut”.

Lebuh lanjut Rina menjelaskan bahwa UMKM Rumah Sayur Padaringan baru berdiri pada bulan November 2021, dan masih mengalami kesulitan dalam proses pembuatan pembukuan keuangannya.

“UMKM Rumah Sayur Padaringan didirikan oleh Bu Eti Rohayati dan Bapak Sani Hotman,” kata Rina.

Kegiatan PkM ini dilakukan dalam bentuk pemberian materi yang dilakukan langsung oleh Rina bersama tim, termasuk di dalamnya ada diskusi permasalahan yang dihadapi serta pelatihan mengenai pembuatan pembukuan keuangan.

Eti dan Sani pun sangat terbantu dan berterimakasih kepada Universitas Widyatama atas terselenggaranya kegiatan tersebut di UMKM Rumah Sayur Padaringan sangat terbantu

Rencananya kegiatan PkM seperti ini akan terus digalakan oleh UTama sebagai wujud kepedulian perguruan tinggi terhadap masyarakat, dalam rangka peningkatan literasi dan sosialisasi perkembangan pengetahuan.

Adapun anggota tim PkM kegiatan tersebut terdiri dari Evi Octavia, Dr., SE., M.M., AK., CA., Niki Hadian, H. SE., M.M., AK., CA., Dini Verdania Latif, SE., M.Si., AK., Syakieb Arsalan, SE., M.M., Mochamad Kohar Mudzakar, SE., M.Si., dan Shinta Dewi Herawati, Hj., SE., M.M., AK., CA.

(Sumber:majalahsora.com)

Kado Istimewa Bagi Yayasan, Prof Obi Membawa Universitas Widyatama Raih Predikat Unggul Dan Buka Prodi S3
Abdimas Dosen UTama, Membantu Branding Dan Strategi Marketing UMKM Kampoeng Rajoet