Pembuatan dan Pengisian Konten Website Desa Karyawangi Oleh UTama

Pembuatan dan Pengisian Konten Website Desa Karyawangi Oleh UTama

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) merupakan salah satu bentuk dharma dari Tridharma di perguruan tinggi selain pendidikan dan pengajaran serta penelitian.

Kegiatan Abdimas merupakan  salah satu elemen dari Tri Dharma perguruan tinggi. Hal tersebut menjadi bukti keterlibatan perguruan tinggi khususnya para dosen, dalam pembangunan masyarakat, sehingga perguruan tinggi tidak dianggap sebagai menara gading saja.

Apalagi dianggap tidak ikut berperan aktif dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

WhatsApp Image 2022 01 21 at 3.37.23 PM 1024x759 - Pembuatan dan Pengisian Konten Website Desa Karyawangi Oleh UTama

Namun sebaliknya perguruan tinggi diharapkan dapat berperan aktif, bahkan proaktif membantu pemerintah daerah dalam memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.

Berbeda dengan kegiatan Abdimas Universitas Widyatama (UTama) sebelumnya, pengabdian masyarakat oleh dosen UTama kali ini dilakukan secara integratif. Seluruh fakultas dan program studi (Prodi) yang ada di  (UTama) fokus pada pembanguan tujuh desa yang ada di Kecamatan Perongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Abdimas Universitas Widyatama Desa Karyawangi KBB - Pembuatan dan Pengisian Konten Website Desa Karyawangi Oleh UTama

Gagasan awal untuk mengadakan kegiatan Abdimas UTama secara integratif disampaikan oleh Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum., Warek 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Pembelajaran UTama.

Berkaitan dengan itu Dekan Fakultas Bahasa, Dr. H. Hendar, M.Pd., sekaligus Ketua Kluster Prodi Bahasa Inggris, menjelaskan pada semester Ganjil Tahun akademik 2021/2022,  Abdimas integratif ini merupakan sesuatu yang baru dan sangat perlu untuk segera diwujudkan.

“Mengingat persoalan di masyarakat sangatlah komplek, dan tentu saja  tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu disiplin ilmu saja. Tetapi harus secara integratif lintas prodi dan lintas fakultas,” kata Hendar, baru-baru ini.

Lebih lanjut kata Hendar kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan dosen saja, tetapi juga mahasiswa-mahasiswi UTama, menjadi bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi.

Itu juga sebagai upaya implementasi salah satu kegiatan hak belajar mahasiswa di luar prodi sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk Bina Desa selama 1 sampai 2 semester

WhatsApp Image 2022 01 21 at 3.37.24 PM 1024x768 - Pembuatan dan Pengisian Konten Website Desa Karyawangi Oleh UTama

“Khsusus pada semester ganjil ini, dosen dan mahasiswa dari kluster Bahasa Inggris membantu pembuatan sekaligus pengisian menu serta konten website Desa Karyawangi, yang ada di Kecamatan Parongpong. Sesuai dengan kebutuhan informasi bagi masyarakat Desa Karyawangi, seperti yang disampaikan Kades Desa Karyawangi Dadang Sudaryat,” pungkas Hendar.

Sumber:(Majalahsora.com)

Menghadapi Era Society 5.0, Dosen UTama Mendukung Pemberdayaan UMKM di Kota Bandung
Kado Istimewa Bagi Yayasan, Prof Obi Membawa Universitas Widyatama Raih Predikat Unggul Dan Buka Prodi S3