Abdimas Dosen UTama, Membantu Branding Dan Strategi Marketing UMKM Kampoeng Rajoet

Abdimas Dosen UTama, Membantu Branding Dan Strategi Marketing UMKM Kampoeng Rajoet

Pandemi COVID-19 di Indonesia masih berlangsung dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhirnya.

Pengaruh dan dampaknya sangat terasa terutama bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kini semua memiliki harapan yang sama, pandemi segera berakhir, dan roda perekonomian berputar seperti sediakala.

Kehadiran dan peran perguruan tinggi juga sangat penting, terlebih dalam upaya membantu pemerintah melalui tridharma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat (Abdimas).

Abdimas Universitas Widyatama Kampoeng Rajoet Binong Jati 2 1 - Abdimas Dosen UTama, Membantu Branding Dan Strategi Marketing UMKM Kampoeng Rajoet

Seperti yang dilakukan oleh Universitas Widyatama (UTama), berupaya membantu para pelaku UMKM.

Para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UTama, bekerjasama dengan Kampoeng Rajoet Binong Jati Kota Bandung, telah melaksanakan kegiatan Abdimas, secara daring (zoom meeting), tangal 14 Desember 2021.

Agatha Rinta Suhardi, S.Si., M.M., Ketua Tim Kluster Abdimas UTama di Kampoeng Rajoet Binong Jati menjelaskan, bahwa Abdimas kali ini mengangkat tema “Pelatihan Pembuatan Branding dan Konten Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Kampoeng Rajoet Binong Jati”.

“Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) masih menggunakan daring yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19,” kata Agatha, baru-baru ini.

Lanjut Agatha, yang menjadi narasumber pada kegiatan itu yakni dosen tetap UTama, yang ahli dalam bidang manajemen pemasaran. Diikuti sekitar 20 orang pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas Kampoeng Rajoet Binong Jati.

“Webinar ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTama, Ibu Adjeng Mariana, beliau sangat mengapresiasi kegiatan Webinar ini. Kegiatannya juga didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UTama,” kata Agatha.

Abdimas Universitas Widyatama Kampoeng Rajoet Binong Jati 3 - Abdimas Dosen UTama, Membantu Branding Dan Strategi Marketing UMKM Kampoeng Rajoet

Sementara itu perwakilan UMKM Kampoeng Rajoet Binong Jati, Lia Sugiarti mengatakan bahwa saat ini Kampoeng Rajoet membutuhkan bantuan dalam pengembangan branding agar produk-produknya semakin dikenal masyarakat.

Oleh sebab itu, Kampoeng Rajoet membuka kesempatan kepada para mahasiswa untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan branding dan konten produk Kampoeng Rajoet.

“Kami sampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu dalam kegian Pengabdian Kepada Masyarakat ini, khususnya Universitas Widyatama dan LP2M yang telah memberikan bantuan berupa fasilitas zoom dan dana pengabdian kepada masyarakat,” kata Lia

Berikut daftar anggota kluster Abdimas di Kampoeng Rajoet Binong Jati, Kota Bandung, yakni Andi Budiawan, S.Sos., M.M., Titto Rohendra, S.E., M.Si., Sari Dewi Oktari, Hj., S.E., M.M., dan
Shinta Oktafien, S.E., M.M.

(Sumber: majalahsora.com)

Pentingnya Pembukuan, Dosen UTama Latih UMKM Rumah Sayur Garut, Membuat Laporan Keuangan
Berbekal Pengetahuan dan Kemampuan Berinovasi, Petani Bangkit Lawan Pandemi