Sebanyak 20 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung mengikuti kegiatan Pelatihan Digital Marketing “Optimasi” Bagi Dunia Usaha yang diadakan oleh Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, Universitas Widyatama (UTama). Dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 20 Desember 2021.

Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari dosen Sistem Informasi UTama.

Iwan Rijayana, S.Kom., M,Kom., Ketua Kluster kegiatan, menjelaskan bahwa Prodi Sistem Informasi UTama bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Industri (DISDAGIN) Kota Bandung menggelar kegiatan itu.

“Sebagian besar UMKM sudah menggunakan media digital, seperti media sosial Instagram dan facebook, serta sudah tergabung dalam beberapa marketplace,” kata Iwan baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut, para peserta UMKM diberikan wawasan terkait pemanfaatan digital marketing.

(Universitas Widyatama, kampus berkualitas, PTS No 1 di Kota Bandung, info klik https://pmb.www.widyatama.ac.id/)

Khususnya “optimasi” teknologi pada digital marketing, salah satunya adalah penggunaan dan pemanfaatan SEO yang merupakan langkah optimasi marketing melalui digital.

Di samping itu para peserta juga, diberikan wawasan terkait pemanfaatan digital marketing, khususnya “branding”.

Mulai dari pengenalan digitasi, branding seperti logo, nama, dan sosial media. Termasuk pengenalan digital branding, yang merupakan proses membangun brand UMKM secara online dengan menggunakan website, aplikasi dan media sosial.

“Dalam kegiatan ini, melibatkan 10 orang mahasiswa dan 4 orang dosen
Program Studi Sistem Informasi. Dosen kami dilibatkan sebagai fasilitator untuk pemecahan masalah yang dihadapi UMKM terutama dalam “branding” produk UMKM,” kata Iwan.

Saat pelaksanaan kegiatan dihadiri oleh Kasi Distribusi Barang Penting DISDAGIN Kota Bandung, Rohman Agus Jatnika, S.T.,M.M., Founder Adelie Studio, Sandi Pratama sebagai narasumber, dan Kepala Prodi Sistem Informasi , Sri Lestari, Ir.,M.T.

Rohman Agus Jatnika, mengucapkan terima kasih kepada Prodi Sistem Informasi UTama, yang telah memberikan pelatihan digital marketing bagi UMKM komunitas DISDAGIN Kota Bandung.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat, dan berharap dapat mendukung pemberdayaan UMKM di Kota Bandung terutama untuk menghadapi era society 5.0.

Iwan pun menjelaskan bahwa bisa terlaksananya PkM, berkat bantuan dana dari LP2M UTama.

(Sumber; majalahsora.com)