Menjadikan Mahasiswa Baru sebagai Insan Peduli Lingkungan

Menjadikan Mahasiswa Baru sebagai Insan Peduli Lingkungan

Program Pengenalan Universitas (PPU) merupakan acara tahunan dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru di setiap Tahun Akademik baru berjalan. Universitas Widyatama berkomitmen, telah menghapuskan ospek atau masa orientasi dalam menyambut mahasiswa baru di Universitas Widyatama dengan merujuk Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional nomor 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru  di Perguruan Tinggi.

Acara PPU kali ini akan dihadiri oleh sekitar 2400 mahasiswa baru, yang menyebar di setiap program studi di Universitas Widyatama. PPU yang akan dilaksanakan dari 25 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2015 ini memberikan agenda yang berbeda. Dalam rangkaiannya, tahun ini panitia mengajak peserta untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Hal ini dibuktikan dengan adanya rangkaian acara yaitu Bebersih sungai Cidurian. Dengan adanya rangkaian tersebut, civitas berharap calon mahasiswa akan mencintai dan menjaga lingkungan sekitar mereka.

Rangkaian acara kegiatan

Pada hari pertama, calon mahasiswa melaksanakan gladiresik terlebih dahulu. Kegiatan gladiresik pun merupakan latihan mahasiswa dalam melaksanakan Sidang Senat terbuka pada hari berikutnya. Hari kedua, rencana dilaksanakan pada pukul 07.00 dan dimulai dengan baris sesuai dengan kelompoknya dan selanjutnya melakukan sidang senat terbuka bersama pejabat Yayasan dan Rektorat Widyatama. Tahun ini, Universitas Widyatama mendapatkan kuota beasiswa bidikmisi yang diperuntukkan bagi beberapa Program Studi di Universitas Widyatama. Program Studi yang mendapatkan kuota tersebut diantaranya meliputi Program Studi Desain Grafis, Akuntansi S1, Manajemen S1, Sistem Informasi, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Civitas academica sangatlah menentang keras adanya penyebaran dan penggunaan narkotika di lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, panitia mengundang Global Healthy without Drugs agar memberikan penyuluhan narkoba dan NAPZA agar keluarga Widyatama tidak menyentuh zat adiktif tersebut.

Mahasiswa baru diberikan beberapa ceramah dan pemaparan yang berhubungan dengan Bedah Fasilitas Kampus. Ceramah dan pemaparan tersebut diberikan oleh beberapa biro yang akan berhubungan selama proses akademik mahasiswa berlangsung. Adapun biro yang akan mengisi ceramah diantaranya Biro Administrasi Akademik, Keuangan, Teknologi Informasi dsb.

Hari ke-3, mahasiswa baru akan kedatangan beberapa alumni dan mahasiswa yang telah sukses berkarya dalam berwirausaha. Mereka akan membagi pengalamannya dalam berwirausaha yang menyinggung ilmu akademisnya agar terpacu untuk berwirausaha berlandaskan ilmu pendidikan yang mereka dapatkan di bangku kuliah sesuai dengan tagline Universitas Widyatama Friendly Campus for Future Business Pro.

Tidak dilewatkan juga adanya perkenalan Lembaga Kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Presiden Mahasiswa bersama jajaran Legislatif lainnya akan diperkenalkan untuk memotivasi mahasiswa baru dalam berorganisasi dalam menciptakan softskill.

Expo Mahasiswa Baru Widyatama : Kekompakan, Inovasi, dan Kreatifitas.
Career Center sebagai Jembatan Karir Mahasiswa