WISE - Menjadi Bagian Perubahan Kota Bandung dengan Mengikuti Seminar WISE 2016

Menjadi Bagian Perubahan Kota Bandung dengan Mengikuti Seminar WISE 2016

Sabtu (20/2), Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Widyatama menyelenggarakan acara Widyatama Information System Event 2016 (WISE 2016). Selain seminar, acara yang diselenggarakan setiap tahun ini juga menggelar lomba yang meliputi Desain Poster, Desain web dan game simulasi smart city dengan segmentasi siswa SMA, maupun sederajat. Seminar yang dihadiri oleh dua pembicara yaitu Prof.Dr.Ir.Suhono H. Supangkat,M. Eng dan Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A itu mengusung tema Smart City.

Smart city belakang ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga halayak kaum awam, banyaknya rencana pemerintah daerah untuk mencanangkan kotanya menjadi sebuah go future bukanlah menjadi sebuah wacana kembali. Hal itu terlihat dari kepemimpinan Walikota Bandung Bapak Ridwan Kamil yang telah merencanakan Bandung menjadi creative city and smart city. Dengan acuan dari pemerintah kota dalam mengembangkan daerahnya menjadi smart city, dengan itu juga warga kota tersebut harus tersosialisasikan dengan benar sehingga adanya sinergisitas dalam hierarki yang sesuai dengan strukturalnya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama (UTama) Bapak Dr. Oktri Muhammad Firdaus, S.T., M.T. disambung dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Wakil Rektor Bidang  Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Davidescu Cristiana Victoria. Adanya seminar kreatif yang diketuai oleh Firman, salah satu mahasiswa aktif angkatan 2014 Program Studi Sistem Informasi ini adalah sebuah forum baik guna pemerintah Kota Bandung mensosialisasikan programnya terhadap mahasiswa. Sebagai jiwa muda penggerak pertama Smart city, mahasiswa dapat menjadi faktor “getok tular” yang dapat mempengaruhi regulasi smart city kepada orang tua mereka. Dikata lain, mahasiswa sebagai ajang doktrin terbaik khususnya kepada orang tuanya dalam pengaplikasian smart city guna menjadi Kota yang maju di Indonesia. Dalam presentasinya, Prof.Eko menjelaskan bahwa smart city bukanlah sebuah tujuan, tapi merupakan jalan untuk mengembangkan kota yang nyaman dihuni oleh penduduknya karena aman, bersahabat, dan sejahtera (paling tidak keseluruhan kebutuhan pokok masyarakat yang ada di kota tersebut dapat terpenuhi) – dan secara cerdas memberikan beragam layanan yang dibutuhkan oleh masyarakatnya sehari-hari (sesuai dengan perkembangan dan dinamika jaman).

Selain seminar, adapun pemenang lomba yang terdiri dari lomba Desain Poster dan lomba desain website yang telah terselenggara. Hadir SMKN 1 Cimahi menang dan “menyabet” juara 1 dan 2 dalam desain poster. Sedangkan pemenang lomba website didapatkan oleh komunitas robot (IT Club). Pemenang pertama diapresiasi oleh Pemerintah Kota Bandung dengan simbolis Piala dan uang tunai dari WISE 2016. Menjadi sebuah kesuksesan dan pendewasaan acara terlihat dari banyaknya antusiasme yang hadir dari seminar. Dengan tema yang hangat dan topik yang go future, menjadi salah satu kesuksesan acara WISE 2016.

Desain Komunikasi Visual Masih menjadi Favorit Pilihan Mahasiswa Baru
Gathering Perusahaan : Ajang Persuasif Alumni dengan Perusahaan