MEA, Widyatama, Pasar Dunia membutuhkan Widyatama

Memulai Usaha di Usia Muda ? Siapa Takut

Negara Indonesia menjadi sasaran agresi inovasi dunia. Khususnya di sektor regional Asia Tenggara, diselenggarakannya  Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menuntut masyarakatnya untuk kreatif khususnya dalam membuka usaha baru. Berwirausaha ditanamkan diusia dini? kenapa tidak? banyak sekali contoh mahasiswa sukses karena mencoba memulai usahanya sambil kuliah. Baik dari usaha jual beli pulsa, sampai dengan jual beli kendaraan bermotor. Sebenarnya, banyak sekali cara-cara untuk menjadikan wirausaha sebagai bagian kehidupan belajar dan bekerja untuk diri sendiri. Apalagi kegiatan pendidikan dimaksudkan mempersiapkan mahasiswa agar memperoleh pekerjaan layak setelah lulus kuliah. Dengan berwirausaha atau berbisnis, mahasiswa belajar bekerja bagi dirinya dan mengajak orang lain untuk produktif.

Berikut tips dan trik berwirausaha saat sekolah atau kuliah, yang relatif tidak mengganggu aktifitas kuliah. Tips dan trik ini masih megupas kulitnya, belum pada permasalahan berwirausaha. Namun hal ini bisa dijadikan acuan mahasiswa yang ingin segera memulai usahanya. Di lingkungan Universitas Widyatama yang memiliki atmosfer bisnispreneur dan creativepreneur, banyak sekali ladang pengimplementasian yang mahasiswa dapat lakukan dalam berbisnis.

1. Bingung Buka Usaha Apa?

Kebingungan buka usaha apa biasanya terjadi saat mahasiswa berfikir terlalu jauh bahwa bisnis yang akan digelutinya akan menghasilkan uang banyak dengan mudah dan cepat. Jika berpikir demikian, maka melalui usaha akan sangat sulit. Mulailah dengan hal sederhana yang dapat anda jual ke rekan kampus. Usaha-usaha mikro tersebut adalah awal mula usaha anda dapat menjadi makro dan go nasional.

2. Jangan Mudah Bosan

Pengalaman terbaik wirausaha atau bisnis memang banyak. Salah satunya menjalani kebosanan. Bosan saat usaha ataupun mengalami kebuntuan di tengah jalan yang menyebalkan. Perlu visi ke depan agar berwirusaha bukan hanya menjadi beban namun sebuah hobi yang di bayar.

3. Carilah Mentor Bisnismu

Mencari guru memang sulit, apalagi untuk bisnis. Perlu diperhatikan guru dalam wirausahamu itu tidak tetap. Tentunya kamu harus “take action” agar bisa direalisasikan dan dipraktekan dengan sangat mudah bisnis anda.

4. Jangan Pikirkan tentang Modal

Sebagian besar mahasiswa pasti memikirkan modal untuk bisa memulai usaha. Padahal modal bukanlah hal utama yang harus ada dalam memulai usaha. Padahal modal bukanlah hal utama dalam memulai usaha. Banyak hal yang bisa dilakukan memulai usaha tanpa modal. Paling mudah adalah kamu bisa menjadi makelar dari produk orang lain. Tidak perlu biaya kan? Hanya usaha untuk menjualkan produk orang lain dan nantinya kamu bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan produknya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H
Ibu Koesbandijah, Sosok Pengabdi Pendidikan Dan Edupreneur