Mahasiswa Pascasarjana Universitas Widyatama Bandung Belajar Keuangan Konsolidasi Pertamina

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Widyatama Bandung Belajar Keuangan Konsolidasi Pertamina

Puluhan mahasiswa Program Pascasarjana Akuntansi Universitas Widyatama Bandung melakukan kunjungan perusahaan ke Kantor Pusat Pertamina di jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta pada Kamis (17/5/2018). Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa mendapat pemaparan materi dari Manager Institutional Relation Pertamina Muhammad Baron dan Manager Financial Reporting Agus Susanto.

Manager Institutional Relation Muhammad Baron menyambut hangat kehadiran mahasiswa Pascasarjana. Ia menjelaskan, kegiatan kunjungan mahasiswa menjadi salah satu sarana bagi Pertamina menjalin hubungan baik dengan institusi pendidikan di Indonesia. Dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan materi tentang bisnis dan kiprah Pertamina bagi bangsa ini.

IMG 20180517 133656 1024x576 - Mahasiswa Pascasarjana Universitas Widyatama Bandung Belajar Keuangan Konsolidasi Pertamina

Sementara itu, Manager Financial Reporting Agus Susanto memberikan materi mengenai proses penyusunan laporan keuangan konsolidasi Pertamina. Menurutnya, penyelesaian laporan keuangan konsolidasi Pertamina memiliki strategi audit, ada internal audit dan eksternal audit.

“Kami bukan hanya mengerjakan keuangan yang ada di PT Pertamina (Persero) saja, namun seluruh anak perusahaan juga kami kontrol. Oleh karena itu, audit keuangan yang kami lakukan begitu kompleks. Strategi yang Pertamina lakukan untuk mengaudit keuangan adalah dengan menggunakan internal audit maupun eksternal audit,” jelas Agus.

IMG 20180517 150654 1024x576 - Mahasiswa Pascasarjana Universitas Widyatama Bandung Belajar Keuangan Konsolidasi Pertamina IMG 20180517 151908 1024x576 - Mahasiswa Pascasarjana Universitas Widyatama Bandung Belajar Keuangan Konsolidasi Pertamina

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung Dr. R. Wedi Rusmawan mengungkapkan apresiasinya karena Pertamina bersedia menerima mahasiswa. Ia berharap kegiatan kunjungan ini dapat diimplementasikan mahasiswa profesi maupun magister di dunia kerja.

“Ini pun menjadi kegiatan rutin bagi mahasiswa Profesi Akuntansi atau Magister Akuntansi Universitas Widyatama untuk ikut kunjungan. Mudah-mudahan apa yang diperoleh saat kuliah dapat diimplementasikan di dunia kerja dan pastinya menambah pengalaman bagi seluruh mahasiswa yang hadir,” ucapnya.

Pikiran Rakyat dan Universitas Widyatama Bersinergi Melalui Pelatihan Jurnalistik
Career Center Widyatama Selaraskan Kebutuhan Industri dengan Kompetensi Lulusan