Kolaborasi DKV Unpas dan DKV UTama Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Kolaborasi DKV Unpas dan DKV UTama Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Pimpinan dan dosen dari Fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Widyatama (UTama) dan Universitas Pasundan (Unpas), baru-baru ini melakukan focus group discussion (FGD).

Berlangsung di Cafe Armor, Dago, Kota Bandung, Selasa, tanggal 8 Juni 2021.

Mereka membahas mengenai penyusunan perencanaan pelaksanaan studi/proyek independen dan pertukaran pelajar, bagi mahasiswa kedua kampus, melalui kerjasama antar institusi yang akan dilakukan.

Kata Deden Maulana, Dekan Fakultas DKV  Universitas Widyatama yang turut hadir mengatakan, program tersebut merupakan salah satu upaya merealisasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di tahun akademik 2021-2022.

Programnya akan disusun berdasarkan pedoman dan panduan MBKM.

Hal itu agar setiap pelaksanaannya tepat sasaran, sekaligus bisa meningkatkan prestasi bagi para mahasiswa UTama dan Unpas di kemudian hari.

Tidak kalah penting, kata Deden, setiap dosen dapat berperan aktif untuk mendorong, melakukan perencanaan, pengujian, koreksi dan evaluasi kepada setiap mahasiswanya.

WhatsApp Image 2021 06 11 at 09.25.14 1024x731 - Kolaborasi DKV Unpas dan DKV UTama Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Ia menambahkan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan program tersebut, yaitu dalam rangka mewujudkan bentuk dan karya inovatif para mahasiswa di kedua kampus. Nantinya bisa diikut sertakan pada lomba di tingkat nasional bahkan internasional.

“Ini juga untuk mendorong para mahasiswa UTama dan Unpas yang memiliki passion, dapat mewujudkan serta mengembangkan karya yang dapat diperhitungkan, sebagai karya bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Deden, Kamis (10/6/2021).

Di dalam program itu, kata Deden ada hal yang menarik, karena program itu juga dapat melibatkan mahasiswa lintas disiplin prodi, baik di Unpas maupun UTama.

Karena menurut Deden kunci keberhasilan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan MBKM yaitu adanya kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Di samping itu perlu adanya kolaborasi dan kerja sama antara program studi dengan pihak lain yang dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa.

Untuk diketahui perwakilan dari Unpas yang menghadiri FGD, yaitu Boy Irwan, Wadek II FISS Unpas, Fadhly Abdillah, Ketua Program Studi DKV Unpas, H Agus Setiawan, Tata Kartasudjana, Purmaningrum, Dicky Purnama serta dosen Unpas lainnya.

Sedangkan dari UTama selain Deden, hadir pula Rudi Farid, Ketua Program Studi Desain Grafis, Asep Deni, Ketua Program Studi Desain Multimedia serta Budiman, Ketua Program Studi Film dan Televisi.

(Sumber : majalahsora.com)

Gugun: Alhamdulillah Bantuan Dari Rektor Universitas Widyatama Bisa Menyelesaikan Pembangunan Masjid At-Taawun
UTama Kampus Riset: 119 Paper Pada “The 2nd WIBEST” Akan Terpublikasi Di Jurnal Internasional Terindeks Scopus