Hadirkan Perusahaan Ternama Bursa Kerja Virtual Universitas Widyatama Bantu Pencari Kerja Di Masa Pandemi

Hadirkan Perusahaan Ternama Bursa Kerja Virtual Universitas Widyatama Bantu Pencari Kerja Di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih belum tahu kapan akan berakhir. Banyak sektor yang terkena dampaknya, di antaranya pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh beberapa perusahaan, karena terus merugi.

Meskipun begitu, optimisme tinggi untuk membantu sekaligus mengatasi berbagai masalah itu tidak meredup, seperti yang dilakukan oleh Pusat Karir Universitas Widyatama (UTama) dengan menggelar bursa kerja secara vitual, “Career Day UTama Virtual Expo 2021”. Kegiatannya terbuka untuk umum, dilaksanakan selama dua hari, tanggal 6-7 Juli 2021.

Yelli Eka Sumadhinata, S.E., M.M., Kepala Biro Pusat Karir UTama (Career Center Universitas Widyatama) menjelaskan, pada ajang itu ada sekitar 25 perusahaan yang turut serta dan menyediakan ratusan lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi.

Screenshot 5 1024x563 - Hadirkan Perusahaan Ternama Bursa Kerja Virtual Universitas Widyatama Bantu Pencari Kerja Di Masa Pandemi
Yelli Eka Sumadhinata, S.E., M.M., Kepala Biro Pusat Karir UTama (Career Center Universitas Widyatama)
“Ada dua perusahaan yang mengundurkan diri karena sedang WFH. Secara keseluruhan ada 70 lowongan kerja. Setiap lowongan kerja ada yang menerima 1 sampai 10 karyawan baru,” kata Yelli, di Gedung Serba Guna UTama, Jalan Cikutra no 204-A, Kota Bandung, Selasa (6/7/2021) sore.

Agar bisa mengikuti kegiatan bursa kerja secara virtual, para pelamar kerja harus menyiapkan curriculum vitae (CV) dalam bentuk PDF, lalu melakukan pendaftaran di link, https://bit.ly/CareerDay2021UTAMA. Setelah itu masuk ke laman http://careerday2021.widyatama.ac.id/ dan login dengan alamat surat elektronik atau e-mail.

“Alhamdulillah antusiasnya cukup tinggi. Yang mencari kerja bukan hanya lulusan dari Universitas Widyatama saja, melainkan juga dari kampus lainnya. Para pencari kerja cukup daftar di rumah melalui link yang sudah kita share. Cukup menyimpan (mengupload) cv satu kali. Kemudian cv yang sudah diupload tinggal diapply ke beberapa perusahaan yang mereka minati,” kata Yelli.

WhatsApp Image 2021 07 07 at 09.14.02 1 1024x768 - Hadirkan Perusahaan Ternama Bursa Kerja Virtual Universitas Widyatama Bantu Pencari Kerja Di Masa Pandemi

Yelli pun menjelaskan mengenai tampilan virtualnya, para pengunjung atau pelamar seperti sedang berada di tempat kegiatan bursa kerja langsung.

Ia pun mengungkapkan bisa berjalannya kegiatan Career Center UTama, tidak terlepas dari dukungan Yayasan Widyatama dan Rektorat Universitas Widyatama.

“Di saat pandemi tetap melanjutkan visi misi kami dalam membantu lulusan UTama membantu mereka mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dan membantu mencarikan lowongan pekerjaan. Di samping itu bertujuan membantu lulusan Universitas Widyatama dan non Universitas Widyatama mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Termasuk menggugah semangat mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi diri di bidangnya masing-masing dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas sekarang ini dan lainnya melalui web seminar,” kata Yelli.

WhatsApp Image 2021 07 07 at 09.14.04 1024x768 - Hadirkan Perusahaan Ternama Bursa Kerja Virtual Universitas Widyatama Bantu Pencari Kerja Di Masa Pandemi

Kegiatan web seminarnya sendiri menghadirkan empat materi dan pembicara, yaitu, Kunci Sukses Kembangkan Karir (Dari Wardah Kosmetik), Kiat Lolos Wawancara Dan Interview (Indonesia Cendikia), Professional Grooming (PT. Kurnia Cipta Moda Gemilang) serta Standarisasi Produk UMKM Untuk Bersaing Di Pasar (BSN). Di samping itu juga menampilkan kegiatan Entrepreneurship Expo yang diikuti 27 tenant.

Untuk diketahui kegiatan bursa kerja setiap tahun digelar oleh Pusat Karir UTama. Namun karena pandemi, sudah dua tahun berturut-turut dilangsungkan secara online. Tahun pertama melalui zoom, tahun ini dilakukan secara virtual.

Berikut perusahaan yang turut serta pada ajang “Career Day UTama Virtual Expo 2021”: Pharos Group, PT. Royal Abadi Sejahtera, PT. Kurnia Cipta Moda, PT. Wahana Otto Mitra Multi Artha, British American Tobacco, PT. Synapsis Sinergi Digital, CV Hwins Cruise Ship Academy And Agency, PT Soka Ciptaniaga, PT. Infinity Plus Solution, PT. Infomedia Solution Humanika, PT. Valbury Asia Futures, PT. Xsis Mitrautama, PT. AIA Financial, PT. Adi Makmur Sentosa (Orang Tua Group), Bank Himpunan Saudara, Stanli Trijaya Mandiri, PT. Global Kapital Investama, PT. Nusantara Sakti Group, PT. Oskar Kayasa Cemerlang, PT. Medion, Marketing Universitas Widyatama, LPAP Universitas Widyatama dan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama.

Kiat Sukses Psikotest Dan Wawancara

Pada web seminar “Career Day UTama Virtual Expo 2021” juga menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya, dalam memberikan semangat dan wawasan mengenai dunia kerja bagi para pelamar kerja. Di antaranya mengenai kiat-kiat sukses melamar pekerjaan.

Siti Sarah, M.Psi, Psikolog dari Indonesia Cendikia, yang menjadi pemateri web seminar di hari pertama, Selasa (6/7/2021) memberikan paparannya mengenai “Kiat Sukses Psikotest dan Wawancara”.

Menurutnya psikotes atau psychological testing merupakan serangkaian tes psikologi yang didesain secara khusus, sebagai sebuah standar pengukuran sifat psikologis seseorang secara objektif. Psikotes ini memungkinkan seorang recruiter, untuk memahami pola perilaku seorang kandidat terutama dari sisi psikologi.

WhatsApp Image 2021 07 07 at 09.14.02 1024x768 - Hadirkan Perusahaan Ternama Bursa Kerja Virtual Universitas Widyatama Bantu Pencari Kerja Di Masa Pandemi

 

Maka dari itu agar para pelamar kerja bisa sukses psikotes, kata Siti, mereka harus mencari informasi tentang serba-serbi psikotest, berlatih soal-soal psikotest, mengerjakan psikotest dengan jujur dan sepenuh hati serta mempersiapkan mental dan fisik.

Sedangkan wawancara kata Siti, merupakan suatu aktivitas formal yang bertujuan mengumpulkan sejumlah informasi untuk mengevaluasi kualifikasi dari seorang kandidat pada posisi jabatan tertentu. Dilakukan secara tatap muka dengan format tanya jawab agar diperoleh informasi yang dibutuhkan

Oleh sebab itu hal penting saat wawancara (secara online/zoom), menurut Siti, para pelamar kerja harus mengusai perangkat yang akan digunakan, pastikan kuota internet, pastikan akun wawancara yang tepat, berikan pesan sudah siap untuk wawancara, kenakan pakaian, riasan yang pantas serta virtual background yang tepat, ingat dan sebutkan nama pewawancara.

(Sumber: majalahsora.com)

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H dari Rektor Universitas Widyatama dan Ketua Pengurus Yayasan Widyatama
Semakin Eksis Universitas Widyatama Raih “Silver Medal” pada ajang “International Invention Competition Young Moslem Scientists” 2021