Fakultas Teknik Widyatama Selenggarakan Pelatihan K3

Fakultas Teknik Widyatama Selenggarakan Pelatihan K3

IMG 5102 1024x682 - Fakultas Teknik Widyatama Selenggarakan Pelatihan K3

Selasa, 23 Juli 2019, di Ruang Seminar Gedung A Lantai 4 Universitas Widyatama diselenggarakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum bagi tenaga kependidikan khususnya pada Fakultas Teknik dan Biro Fasilitas Bagian Pemeliharaan di lingkungan Universitas Widyatama serta mahasiwa Fakultas Teknik. Pelatihan ini bekerja sama dengan Ikatan Ahli Konstruksi Indonesia (IAKI), Asosiasi di Lembaga Pengembangan Jasa Kosntruksi (LPJK) Nasional. Narasumber pelatihan ialah Ir. Dirmansyah, MBA., M.M. seorang profesional, konsultan, dan asesor di bidang K3 dengan segudang pengalaman menangani project di bidang konstruksi.

Peserta pelatihan K3 Universitas Widyatama
Peserta pelatihan K3 Universitas Widyatama

Pada kesempatan ini tampak hadir pada pembukaan acara, Dekan Fakultas Teknik, Dr. M. Rozahi Istambul, S.Kom. M.T. yang sekaligus membuka kegiatan, beserta Ketua Program Studi S1 Teknik Mesin Ir. Udin Komarudi, M.T. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang K3 Umum, mengingat adanya sejumlah gedung baru yang dibangun oleh Universitas Widyatama. Selain itu, gedung-gedung lama perlu diperhatikan pemeliharaan dan perawatannya agar fungsi-fungsi gedung tersebut tetap optimal serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Tentunya hal ini perlu memerhatikan aspek-aspek K3 agar kemungkinan timbulnya bahaya dan risiko atas pemeliharaan serta perawatan gedung-gedung tersebut beserta segala fasilitas di dalamnya dapat diminimalisasi.

IMG 5025 1024x682 - Fakultas Teknik Widyatama Selenggarakan Pelatihan K3

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari ini tidak lepas karena sejak tahun lalu Universitas Widyatama telah resmi membuka Program Studi Baru Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sipil.

Lebih lanjut narasumber mengimbau agar memperhatikan Undang Undang Jasa Konstruksi, prinsip-prinsip K3 Umum tidak hanya dipahami sebagai satu pengetahuan tetapi harus bisa menjadi budaya yang dipatuhi oleh seluruh dosen, mahasiswa dan karyawan dengan harapan terciptanya keselamatan dan kesehatan kerja bersama. Narasumber memaparkan materi K3 Umum mengenai Peraturan K3, Dasar-dasar K3, Teknik Konstruksi K3, Penerapan K3 dalam Pelaksanaan Konstruksi, Potensi Bahaya di Tempat Kerja, dan Peralatan Keselamatan Kerja. (Ed)

Studi Banding Fakultas Teknik Universitas Widyatama ke Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Mahasiswa Prodi Jepang Kembali Raih Prestasi di Ajang Bunkasai UNPAD