Bantu Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD di Jabar Berbasis IT Prodi Teknik Informatika UTama Adakan Webinar

Bantu Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD di Jabar Berbasis IT Prodi Teknik Informatika UTama Adakan Webinar

Program Studi  (Prodi) Teknik Informatika, Universitas Widyatama (UTama) Bandung, menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), mengenai pengembangan manajemen mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis teknologi informasi.

Dilaksanakan secara virtual, web seminar (Webinar) Series, melalui aplikasi google meet, Sabtu, 10 April 2021.

Mengusung tema “Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD Berbasis IT untuk Pengelola, Kepala Sekolah, Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa, Praktisi, dan Masyarakat Umum”.

Diikuti oleh 95 orang peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru PAUD, dosen, mahasiswa, praktisi dan umum.

Program Studi Prodi Teknik Informatika Universitas Widyatama UTama Bandung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat PkM 1 1 1024x486 - Bantu Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD di Jabar Berbasis IT Prodi Teknik Informatika UTama Adakan Webinar

Anemo peserta begitu tinggi, mengingat kapasitas Webinar nya hanya untuk 100 orang peserta. Mereka berasal dari Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Sukabumi, bahkan dari Tangerang, Medan dan daerah lainnya.

Terkait kegiatan tersebut, Ai Rosita, ST., MT., Dosen Program Studi Informatika UTama, yang juga pemateri pada kegiatan itu mengatakan, bahwa Webinar yang mengangkat langkah strategis PAUD, merupakan salah satu wujud kepedulian dosen UTama, dalam upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sejak dini.

“Usia dini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama, yang bermuara kepada pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, cerdas dan mandiri,” kata Ai, Jum’at (16/4/2021).

Program Studi Prodi Teknik Informatika Universitas Widyatama UTama Bandung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat PkM 2 1024x578 - Bantu Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD di Jabar Berbasis IT Prodi Teknik Informatika UTama Adakan Webinar

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa hal tersebut perlu disikapi dengan seksama dengan menambah kompetensi para pendidik dengan sumberdaya yang tepat sasaran, yakni dukungan perangkat dan infrastruktur teknologi informasi.

Di samping dirinya, ada juga pembicara utama lainnya, yaitu Dr. Rudiyanto, S.Pd., M.Si., Ketua Pengurus Wilayah HIMPAUDI Jawa Barat, Asesor BAN PAUD dan PNF Kemendikbud, sekaligus Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Pada kesempatan itu, Rudiyanto memaparkan berbagai informasi yang mesti dipahami oleh peserta. Diantaranya mengenai bentuk-bentuk pemanfaatan IT untuk satuan pendidikan PAUD (Aplikasi Dapodik PAUD).

Program Studi Prodi Teknik Informatika Universitas Widyatama UTama Bandung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat PkM 3 1024x578 - Bantu Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD di Jabar Berbasis IT Prodi Teknik Informatika UTama Adakan Webinar

Ai juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut pun akan ada tindak lanjutnya. Rencananya pihaknya akan memberikan bantuan untuk PAUD mitra pada kegiatan PkM, membuatkan Website, dengan sistem informasi yang lengkap.

Masih kata Ai, bisa berjalannya kegiatan itu, tidak terlepas dari bantuan dana LP2M UTama. Dalam kegiatan tersebut, Program Studi Teknik Informatika pun melibatkan kerjasama dosen dengan para mahasiswa.

“Kegiatan ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Termasuklah Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2019, tentang Pemda Wajib Tingkatkan Pelayanan untuk PAUD. Diharapkan pada prakteknya mampu memfasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, dengan keterampilan tatakelola berbasis Teknologi Informasi,” pungkas Ai.

(Sumber : majalahsora.com)

Universitas Widyatama Menduduki Ranking ke-53 Perguruan Tinggi Ternama Indonesia Versi SCImago Institutions Rankings (SIR)
Puluhan Dosen UTama Diberi Pemahaman Kehumasan Akademisi Dari Pakarnya