Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) ? Bandung Gathering Universitas Widyatama

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) – Bandung akan menyelenggarakan ALI-Bandung Gathering pada hari Sabtu, 25 Februari 2006 pkl. 09.30-13.00. Acara yang akan berlangsung di Ruang Seminar – Gedung Rektorat lt. 4 Universitas Widyatama Jl Cikutra 204 Bandung ini selain diperuntukkan bagi anggota ALI, juga terbuka untuk umum. Selain peserta dari berbagai perusahaan, acara ini akan dihadiri oleh perwakilan dari instansi terkait dalam bidang logistik, serta para akademisi dari beberapa perguruan tinggi.

ALI-Bandung merupakan perwakilan dari ALI yang berpusat di Jakarta. ALI-Bandung yang mulai aktif sejak November 2005 tengah berupaya untuk membangun komunitas logistik untuk wilayah Bandung (Jawa Barat). Pada saat ini ALI-Bandung diketuai oleh Setijadi, M.T., yang juga Ketua Jurusan Teknik Industri – Universitas Widyatama.

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) sendiri merupakan organisasi profesi yang terbuka bagi individu Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkarya sebagai praktisi, akademisi, pembuat regulasi, maupun pemerhati bidang supply chain & logistics management di Indonesia. Tujuan ALI adalah turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia WNI di bidang profesi supply chain & logistics management, sekaligus sebagai wadah komunikasi industri supply chain & logistics di Indonesia. Hingga saat ini, anggota ALI berjumlah lebih dari 1.500 orang dari berbagai perusahaan dan instansi yang terkait dalam bidang logistik dan supply chain.

ALI-Bandung Gathering yang akan berlangsung tersebut menjadi kegiatan yang sangat penting mengingat akan hadirnya Ramlee Ibrahim, Ph.D., CIRM., pakar logistik dunia dari Singapura. Ramlee adalah pakar berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam bidang shipping, manufaktur, retail, dan teknologi. Dia juga mempunyai pemahaman yang kuat mengenai logistik, manajemen material, procurement, dan fulfillment. Ramlee merupakan salah satu dari sedikit orang di dunia yang memegang sertifikat dalam Integrated Resource Management dari APICS. Pada ALI-Bandung Gathering, Ramlee akan menyampaikan presentasi mengenai “Supply Chain Operations Reference Model (SCOR) and the Supply Chain Council” yang akan menjadi pengetahuan yang berharga buat para peserta.

Pada event tersebut, Didi Teguh Pribadi, M.T. dari Logistics & Supply Chain Center (LOGIC) – Universitas Widyatama akan mempresentasikan “Introduction to Softwares Application for Logistics & Supply Chain”. Presentasi tersebut merupakan presentasi hasil pengembangan software logistik yang dilakukan oleh LOGIC dalam upaya menjembatani dunia akademis dengan dunia industri. Beberapa software yang akan didemonstrasikan antara lain: Loading Management:, Vehicle Routing Management, dan Fleet Management. Pada saat ini, LOGIC tengah mengimplementasikan software-software tersebut di beberapa perusahaan untuk keperluan loading dan loading report,  penentuan rute yang terbaik, dan pengelolaan armada angkut, khususnya untuk aktifitas perawatan, seperti suku cadang, ban, asuransi, sopir, hingga untuk mengetahui kondisi ekonomis suatu alat angkut.

Informasi mengenai kegiatan tersebut dapat diperoleh melalui Sofie (022-7206713 ext 131, HP 0813 220 995 95).  Pendaftaran dapat dilakukan melalui email: ali.bdg@widyatama.ac.id

Kafi Kurnia Hadir pada Seminar Nasional Manajemen di Widyatama
Dialog Ekslusif Pema Mahasiswa