817 Mahasiswa Wilayah IV LLDIKTI Ikut Olimpiade Nasional Matematika dan IPA

817 Mahasiswa Wilayah IV LLDIKTI Ikut Olimpiade Nasional Matematika dan IPA

IMG 0197 1024x682 - 817 Mahasiswa Wilayah IV LLDIKTI Ikut Olimpiade Nasional Matematika dan IPA

817 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI berkompetisi pada Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON MIPA-PT) di Gedung Serbaguna Universitas Widyatama Bandung, Selasa-Rabu (26-27/03).

Olimpiade Nasional Matematika dan IPA atau On-MIPA telah diselenggarakan sejak tahun 2009. Salah satu tujuan penyelenggaraannya yaitu meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang matematika, fisika, kimia dan biologi serta meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap ilmu-ilmu dasar serta peningkatan kualitas perguruan tinggi sehingga kemampuan dasar masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan dan memiliki daya saing dengan negara lain.

Pada seleksi On-MIPA 2019, lebih dari delapan ratus mahasiswa ikut berkompetisi. Pada bidang ilmu matematika 293 mahasiswa, fisika 153 mahasiswa, kimia 166 mahasiswa, dan Biologi 198 Mahasiswa.

IMG 0181 1024x682 - 817 Mahasiswa Wilayah IV LLDIKTI Ikut Olimpiade Nasional Matematika dan IPA
Ratusan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI berkompetisi pada Olimpiade Nasional Matematika

Peserta merupakan mahasiswa aktif yang tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) maksimal semester 8 yang berasal dari bidang ilmu MIPA atau yang relevan. Peserta belum pernah mendapatkan medali emas atau juara I dalam ON MIPA-PT atau OSN-Pertamina. Khusus peserta matematika, belum pernah mengikuti kompetisi International Mathematics Competition for University Students (IMC).

Mata pelajaran yang diujikan di bidang matematika, mencakup aljabar linear, analisis kompleks dan kombinatorik. Bidang fisika mencakup mekanika klasik dan elektrodinamika. Bidang kimia mencakup Kimia Organik, Kimia Biokimia dan Kimia Analitik. Bidang biologi mencakup Biologi sel, Genetika, Biologi Molekuler, Bioformatik, Kemanekaragaman Hayati dan Evolusi.

Mahasiswa yang lolos dengan predikat juara I dan II berkesempatan melanjutkan kompetisi lanjutan di tingkat nasional. Di tingakt nasional, para peserta akan memperebutkan medali emas, perak, perunggu, dan predikat honourable mention.

Pada Tahap Nasional akan ditentukan 20 mahasiswa terbaik tiap bidang dengan pengelompokan 3 peraih medali emas, 5 peraih medali perak, 7 peraih medali perunggu, dan 5 honorable mention.

Bagi peserta peraih medali pada bidang matematika akan diseleksi kembali untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria pada 8 Juli sampai dengan 3 Agustus 2019 mendatang. (Ed)

Mahasiswi Prodi S1 Bahasa Jepang terpilih menjadi wakil mahasiswa berprestasi (PILMAPRES) Universitas Widyatama
Fakultas Teknik Selenggarakan Kompetisi Teknologi Tingkat Sekolah Menengah