Tingkatkan Kompetensi Bagi Mahasiswanya Prodi Film Televisi UTama Bekerjasama Dengan ANTV

Tingkatkan Kompetensi Bagi Mahasiswanya Prodi Film Televisi UTama Bekerjasama Dengan ANTV

Meskipun masih dalam masa pandemi, tidak menjadi halangan bagi Program Studi Film dan Televisi, Fakultas Desain Komunikasi Visual, Universitas Widyatama (UTama) melakukan berbagai terobosan dalam menjalankan perkuliahan.

Terlebih untuk memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan kompetensi bagi para mahasiswanya.

Seperti yang dilakukan, pada hari Rabu (7/4/2021), mahasiswa Film dan Televisi UTama mengikuti Kelas Keren Virtual, bekerjasama dengan salah satu stasiun televisi ternama ANTV, melalui aplikasi zoom meeting.

Dua bulan ke belakang kegiatan serupa juga pernah dilakukan Prodi Film dan Televisi UTama dengan ANTV, mengusung tema “Industri Media Televisi”.

Deden Dekan Fakultas DKV Universitas Widyatama Kelas Keren ANTV 1024x768 - Tingkatkan Kompetensi Bagi Mahasiswanya Prodi Film Televisi UTama Bekerjasama Dengan ANTV
Drs. Deden Maulana, A., M.Ds., Dekan Fakultas Desain Komunikasi Visual, UTama

Selain Universitas Widayatama, mahasiswa Universitas Mercubuana Jakarta, juga mengikuti kegiatan Kelas Keren ANTV itu.

Dua narasumber membagikan pengalamannya selama berkecimpung di dunia Desain Komunikasi Visual. Mereka adalah R. Bondan Cheraldi, Graphic Designer ANTV dan Mahaputra Vito, Visual Artis, silih berganti mamaparkan pengalamannya.

Pada saat memberikan paparannya, R Bondan Cheraldi, yang sudah bekerja selama empat tahun di ANTV,  mengatakan, ada empat hal penting yang dia pegang dalam membuat karya desain, yaitu mengenai multidisiplin desain, proses desain, deadline desain, dan konsekuensi (desain) yang bertanggung jawab dalam membuat sebuah desain.

Di samping itu kata Bondan dalam melahirkan sebuah desain kreatif, harus tahu acuannya terlebih dahulu.

Hal penting lainnya yang dia lakukan yaitu sering jalan-jalan ke mall, beli buku, nonton film dan melihat keadaan sekitar. Tujuannya untuk menambah referensi, mengasah sense desain (melatih panca indera agar lebih peka terhadap sekitar).

Budiman Kaprodi Film dan Televisi Universitas Widyatama Kelas Keren ANTV 1024x768 - Tingkatkan Kompetensi Bagi Mahasiswanya Prodi Film Televisi UTama Bekerjasama Dengan ANTV
Drs. Budiman, M.M.Pd., Ketua Program Studi Produksi Film & Televisi

Karena menurutnya, di mall banyak sekali tampilan desain berbagai media, yang setiap bulannya berganti. Disitu kata Bondan bisa melihat perkembangan desain, menambah wawasan mengenai lay out, membuat atau pemilihan jenis huruf, warna dan sebagainya.

Masih kata Bondan, untuk meningkatkan keterampilan seorang graphic designer, juga bisa diasah melalui pengalaman juga sudut pandangnya.

Sementara itu Mahaputra Vito, seorang perupa, bekerja di bidang desain holding dan pesepeda yang mulai berkarya selama delapan tahun, agar bisa bertahan di dunia industri desain, harus seimbang antara kepuasan pribadi, pekerjaan, dan hobi dalam menjalin pertemanan.

Terkait kegiatan Kelas Keren Virtual ANTV itu, Deden Dekan Fakultas DKV UTama, mengatakan bahwa hal tersebut sangat baik untuk menumbuh kembangkan kemitraan dengan ANTV.

“Pertama barang kali kita terus berusaha menyosialisasikan program-program tersebut, tertuang pada masyarakat luas khususnya mahasiswa di manapun. Dalam rangka menumbuh kembangkan kemitraan dengan ANTV dengan Fakultas DKV, khusunya program studi Film dan Televisi,” kata Deden, Kamis (7/4/2021).

Screenshot 46 1024x584 - Tingkatkan Kompetensi Bagi Mahasiswanya Prodi Film Televisi UTama Bekerjasama Dengan ANTV

ANTV sampai saat ini terus memberikan respon positif mengadakan kegiatan workshop, talkshow secara daring, berkontribusi kepada mahasiswa UTama.

“Dari sini akan terus digulirkan program merdeka belajar kampus merdeka. Peran ANTV simbiosis kepada perguruan tinggi. Tentu saja ke depan bisa menggalang kerjasama yang baik antara UTama dan ANTV,” kata Dekan yang selalu menggunakan peci itu.

Masih kata Deden, Fakultas DKV juga akan mengajak fakultas lainnya yang ada di UTama, dalam melakukan kerjasama (dengan ANTV), lebih luas dengan Institusi Universitas Widayatama.

Sementara itu Budiman, Kepala Program Studi Film dan Televisi UTama mengatakan, kegiatan itu rencananya akan berkesinambungan dengan program magang atau kerja praktek para mahasiswanya.

Bagi mahasiswa Prodi Film dan Televisi, kegiatan Kelas Keren ANTV wajib diikuti untuk meningkatkan kompetensi tambahan.

Screenshot 53 1024x578 - Tingkatkan Kompetensi Bagi Mahasiswanya Prodi Film Televisi UTama Bekerjasama Dengan ANTV

“Pada kegiatan ini isinya adalah kompetensi tambahan, karena materinya mengenai grafik moving DKV. Sedangkan bagi mahasiswa dari Prodi Desain Grafis materi yang dipaparkan narasumber bisa menjadi kompetensi utama,” kata Budi
“Alhamdulillah kegiatannya sangat bermanfaat dan banyak mahasiswa di luar Fakultas DKV yang turut serta. Intinya semua kegiatan kompetensi tambahan dan utama ini, terus dikembangkan khususnya di semester genap umumnya nanti di tahun ajaran baru,” imbuhnya.

Apabila sudah kondisi normal, diwacanakan, para mahasiswanya akan melakukan kunjungan industri langsung ke Studio ANTV, di Jakarta.

“Mudah-mudahan di bulan selanjutnya bisa berkunjung ke sana (ANTV) menggali pengalaman teknis, lapangan dan sebagainya,” pungkas Budi.

(Sumber : majalahsora.com)

1723 Mahasiswa Universitas Widyatama Diwisuda Secara Khidmat Di Tengah Pandemi
Agar Potensi Bumdes, Ekonomi dan Pariwisata Di Parongpong KBB “Meroket” Dosen Dan Mahasiswa UTama Lakukan PkM