Repository Universitas Widyatama Raih Peringkat 130 Asia dan 24 Indonesia

Repository Universitas Widyatama Raih Peringkat 130 Asia dan 24 Indonesia

Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia bercita-cita agar dapat menjadi universitas bertaraf internasional (World Class University). Pencanangan universitas di Indonesia menuju universitas bertaraf internasional telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan Nasional. Dalam pencanangan tersebut dinyatakan bahwa pemerintah akan mendorong 50 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang telah diseleksi menuju universitas bertaraf internasional. Dorongan tersebut sangat berpengaruh terhadap kebijakan para pimpinan perguruan tinggi untuk mewujudkannya. Agar cita-cita menjadi universitas bertaraf internasional dapat terwujud tentunya harus mendapat dukungan dari semua pihak termasuk perpustakaan.

Salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Website adalah Webometric. Sebagai alat ukur (Webometric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia. Peringkat Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkat ini mencakup lebih dari 16.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia yang terdaftar dalam direktori.

Web repository ini diukur dari 4 hal yakni size, visibility, files rich dan scholar. Size atau Ukuran Website, yaitu jumlah halaman yang terindeks oleh empat mesin pencarian utama yaitu : Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Visibility Website, yaitu: jumlah keseluruhan tautan ekternal yang unik dan terdeteksi oleh Google search, Yahoo Search, Live Search and Exalead.

Pada edisi Juli 2017, web repository “Perpustakaan Universitas Widyatama” menempati posisi ke 130 se-Asia dan posisi ke 24 se-Indonesia versi Webometric. Tentunya Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras tim repository Perpustakaan Universitas Widyatama serta dukungan semua pihak sehingga masih bisa berada di posisi sekarang ini.

Semoga dengan pencapaian ini repository Perpustakaan Universitas Widyatama dapat mendukung pencapaian tujuan Universitas dan berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan secara umum.

Peringkat Perguruan Tinggi versi Webometric dapat dengan mudah diakses melalui Internet pada link berikut

http://repositories.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20

http://repositories.webometrics.info/en/Asia?page=1

 

Fakultas Ekonomi Widyatama dengan IAI Jawa Barat Selenggarakan Seminar Nasional Akuntansi Bisnis
Mengembangkan Behavioristic dan Life Skill Anak Disabilitas Melalui Seni dan Desain