Prospek Karir Gemilang Lulusan Program Studi Bahasa Inggris Widyatama

Prospek Karir Gemilang Lulusan Program Studi Bahasa Inggris Widyatama

Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widyatama berkomitmen menghasilkan sumber daya manusia yang professional di bidang bahasa inggris yang bernuasa bisnis, berbudi luhur dan berkomunikasi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dalam masyarakat global.

Didukung dengan infrastruktur yang mumpuni dan tenaga pengajar yang bergelar Doktor dan Magister memberikan nilai tambah bagi peserta didik untuk memiliki kompetensi di bidang bahasa inggris didukung dengan kompetensi lain yang berkaitan dengan profesi di bidang perkantoran, kepariwisataan dan penerjemahan. Kerjasama yang intensif dan harmonis dengan dunia indutri semakin memantapkan lulusan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widyatama berkiprah di dunia kerja.

Berikut 7 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Bahasa Inggris, yaitu :

  1. Pengajar bahasa Inggris

Di era globalisasi seperti saat ini, anak-anak hingga orang dewasa membutuhkan belajar bahasa Inggris untuk berbagai alasan seperti tuntutan pekerjaan, bisnis, sekolah atau liburan. Pengajar bahasa Inggris dapat bekerja di berbagai lembaga dengan siswa yang memiliki rentang usia berbeda-beda. Lembaga-lembaga tersebut mencakup tempat kursus komersial, sekolah dan institusi serta pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Terdapat kemungkinan juga untuk mengajar di sektor-sektor industri dan wiraswasta.

  1. Asisten editorial

Asisten editorial bekerja untuk membantu semua tahap publikasi seperti buku, jurnal, majalah, materi online, dan bahan publikasi. Mereka mendukung staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi. Tingkat tanggung jawab dan berbagai tugas berbeda-beda, tergantung pada ukuran perusahaan serta jenis publikasinya. Asisten editorial adalah titik awal dalam pekerjaan sebagai editor.

  1. Public relations (PR)

Bidang Public relations (PR) bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan dukungan bagi klien serta mempengaruhi opini publik. Petugas PR menggunakan semua bentuk media dan komunikasi untuk membangun, memelihara dan mengelola reputasi klien mereka. Mereka sering menggunakan dukungan pihak ketiga dalam rangka membangun dan memelihara pengertian antara klien dan publik.

  1. Eksekutif Advertising

Eksekutif periklanan bekerja dalam bidang iklan atau lembaga multi-layanan. Mereka bertindak sebagai penghubung antara klien dan agen. Eksekutif periklanan bertanggung jawab untuk koordinasi promosi iklan dan harus mampu berkomunikasi dengan jelas kepada semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk memperlancar komunikasi dengan klien asing. Mereka harus memahami kebutuhan dan tujuan klien mereka dan bekerja sama sepanjang promosi iklan setiap hari. Mereka mengelola pekerjaan administratif dan memastikan bahwa proyek iklan selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.

  1. Jurnalis

Wartawan koran bekerja dengan meliput dan menulis artikel di bidang nasional, regional dan lokal. Selain meliput berita-berita dalam dunia politik, mereka menulis artikel mengenai bidang  olahraga, seni dan budaya, ilmu pengetahuan dan bisnis. Mereka juga meliput acara nasional dan lokal, hiburan serta kegiatan sosial. Pada umumnya, wartawan junior menulis artikel yang dialokasikan ke meja berita dengan melewati berbagai koreksi dari editor berita senior.

  1. Penulis

Penulis terlibat dalam penciptaan dan pengembangan karya-karya fiksi dan non-fiksi. Karya yang dapat dibuat antara lain puisi, cerita pendek, novel, kisah nyata, naskah teater, film dan radio, serta artikel majalah, surat kabar, konten web. Media baru juga membuka kesempatan bagi para penulis di berbagai bidang seperti konten aplikasi ponsel dan naskah permainan komputer. Kebanyakan penulis bekerja lepas dan wiraswasta. Penghasilan dari menulis mungkin rendah dan tidak menentu, jadi kebanyakan penulis menambah penghasilan mereka dengan kegiatan terkait lainnya seperti lokakarya, pameran buku, pembacaan puisi ulasan dan acara-acara kritik sastra.

  1. Wirausaha

Menjadi pengusaha travel agent, bahkan menjadi pemandu wisata untuk usaha yang dikelolanya, membimbing dan memberikan informasi tentang tempat dan objek wisata  kepada para wisatawan. Kehadiran pemandu wisata sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin berwisata atau mengunjungi  tempat-tempat baru atau yang pertama kali mereka kunjungi, untuk itulah pemandu wisata dituntut agar memiliki wawasan luas dan detil tentang objek yang akan mereka ceritakan. pramuwisata harus memiliki kemampuan berbahasa asing.

Internasional Program Universitas Widyatama
Daya Saing Lulusan Program Studi Sistem Informasi Widyatama