Program Studi Bahasa Jepang-Fakultas Bahasa menggelar Acara “Bandung-Hamamatsu Culture Festival Widyatama 2014”

Program Studi Bahasa Jepang-Fakultas Bahasa menggelar Acara “Bandung-Hamamatsu Culture Festival Widyatama 2014”

“Bandung-Hamamatsu Culture Festival Widyatama 2014”

Bandung (19/10/2014), Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Bahasa menggelar “Bandung-Hamamatsu Culture Festival Widyatama 2014”. Acara tersebut dihadiri Rektor Universitas Widyatama Dr. H. Islahuzzaman, S.E. M.Si, Ak., CA, perwakilan Yayasan, Ka. Biro dari setiap unit yang ada di lingkungan Universitas Widyatama. Panitia mengundang perwakilan dari Hamamatsu Jepang sebagai tamu undangan, dan Persada I (Wilayah Jabar) yang menghadiri serta memeriahkan acara Widyatama Japan Matsuri.

Dibuka dengan sambutan dari beberapa pimpinan yang menghadiri acara serta dilanjut dengan menampilkan tarian Seni Tradisional Jepang “Sara Odori” di satu padu dengan budaya Indonesia yaitu tarian daerah Sumatera, tarian tersebut ditampilkan oleh Mahasiswa Fakultas Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Tarian tersebut sebagai bukti persabahatan Indonesia-Jepang yang dikolaborasikan dengan indah. Tempo acara berjalan begitu meriah ketika pagelaran seni tersebut berjalan dan antusiasme penonton khusunya tamu dari Negara Jepang menyambutnya dengan begitu hingar bingar. Bahkan, tidak sedikit yang menari-nari kecil di tempat duduknya.

Sesuai dengan nama gelaran acara “Bandung-Hamamatsu Culture”, acara tersebut merupakan paduan kebudayaan antara Indonesia dengan Negara Jepang didukung dengan Lembaga Persshabatan Indonesia Hamamatsu (LPIH). Perpaduan kebudayaan tersebut pun menambah daftar program kerjasama Universitas Widyatama dengan Luar Negeri yaitu Negara Jepang khususnya Kota Hamamatsu.

Tidak hanya pagelaran tarian tradisional dari Mahasiswa Universitas Widyatama saja, tetapi acara pun dilanjutkan Rampak Gendang UNIKOM. Kemudian acara dilanjutkan dengan lomba tingkat SMA/ yaitu Speech Contest tingkat Perguruan Tinggi dan SMA/K,  Kana Contest, Shuuji Contest, dan Cosplay Contest. Pada Festival ini, LPIH memberikan hadiah ynag spektakuler untuk Juara I Speech Contest, yaitu Jalan-jalan ke Jepang selama 10 hari.

Sebagai acara rutin, LPIH dan Persada juga menyampaikan beasiswa kepada 35 siswa/I SD & SMP yang sangat memerlukan untuk biaya pendidikan. “Acara Bandung-Hamamatsu ini sangatlah bermanfaat bagi saya dan anak saya, karena selain kita mengenal budaya Jepang, anak saya mendapatkan beasiswa dari pihak Persatua Alumni dari Jepang (Persada)”, ujar Ibu Sari ketika mengantar anaknya yang hendak diberikan Beasiswa untuk Siswa/I SD dan SMP.

Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama gelar Forum Diskusi Desain Grafis
Universitas Widyatama gelar Gathering Kepala Sekolah dan Guru BK SMA/SMK/MA se-Kota Bandung