Prodi Bahasa Jepang UTama Gelar Webinar “Kiat Sukses JLPT N5” Bagi Siswa SMAN 14 Kota Bandung

Prodi Bahasa Jepang UTama Gelar Webinar “Kiat Sukses JLPT N5” Bagi Siswa SMAN 14 Kota Bandung

Program Studi (Prodi) Bahasa Jepang Universitas Widyatama (UTama) salah satu Prodi unggulan di kampus yang berada di Jalan Cikutra No 204-A, belum lama ini melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMAN 14 Kota Bandung.

Kegiatannya diberi tema “Kiat Sukses JLPT (Japanese Language Proficiency Test) N5”. Dilangsungkan secara web seminar (Webinar) selama 120 menit, Jum’at (10/9/2021).

“Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan kegiatan rutin dari Prodi Bahasa Jepang UTama. Dilakukan dua kali dalam setahun. Salah satunya kami lakukan di SMAN 14 Kota Bandung,” kata Uning Kuraesin, Dra., M.Pd., Wakil Dekan Fakultas Bahasa yang menjadi salah satu narasumbernya, Kamis (16/9/2021).

Adapun tujuan dari kegiatan JLPT, yakni untuk memperkenalkan sekaligus memberikan pemahaman bagi siswa dan siswi SMAN 14 Bandung, mengenai strategi dan manfaat dalam mengikuti ujian kemampuan bahasa Jepang.

“JLPT merupakan alat uji yang terstandarisasi dan diakui secara internasional. Saat lulus ujian level tertentu, peserta akan menerima sertifikat yang memiliki banyak kegunaan. Di antaranya untuk mencari beasiswa ke Jepang, kuliah di Jepang, atau melamar kerja ke perusahaan Jepang baik yang ada di Indonesia maupun di Jepang sendiri,” kata Uning.

Sedangkan tingkatan dalam ujian kemampuan bahasa Jepang JLPT, dimulai dari tingkat terendah yaitu N5 dan tingkat tertinggi N1.

Saat ditanya atensi peserta terhadap kegiatan itu, Uning mengungkapkan bahwa PkM tersebut mendapat sambutan baik.

Hal tersebut menurut Uning ditunjukkan dari hasil umpan balik. Dimana sebagian peserta menyatakan bahwa topik yang diberikan oleh pemateri sudah sesuai harapan. Begitu juga dengan pemahaman tentang N5 menjadi meningkat setelah mereka mengikuti Webinar itu.

Pada kesempatan itu beberapa dosen juga didaulat menjadi pemateri nya, mereka adalah: Raden Novitasari, S.S., M.Hum, Ningrum Tresnasari, S.S., M.A., Hardianto Rahardjo, M.Pd., dan Nurza Ariestafuri, S.S., M.Pd. Mereka juga dibantu oleh dua orang mahasiswa Prodi Jepang, Lionnanda Dhedi Wiranto dan Chandra Luskiano.

Rencana ke depan Prodi Bahasa Jepang UTama, akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, untuk menumbuh kembangkan minat dalam belajar bahasa Jepang. Tidak hanya untuk jenjang SMA saja, namun juga bagi seluruh tingkat lapisan masyarakat.

(Sumber: majalahsora.com)

Pertukaran Pelajar Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UTama Dengan Fakultas Sastra & Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia Implementasi Program MBKM
Prodi Sistem Informasi UTama Menggelar Diseminasi Literasi Penyebaran Informasi Pencegahan & Penanggulangan COVID 19