Peresmian Pojok Ibu dan Anak di Perpustakaan Universitas Widyatama: “Dari Buku ke Hati: Membangun Kecintaan Membaca Sejak Dini”

Bandung, 14 Juni 2024 – Universitas Widyatama resmi membuka Pojok Ibu dan Anak di Pustakaloka dengan tema “Dari Buku ke Hati: Membangun Kecintaan Membaca Sejak Dini”. Peresmian ini berlangsung meriah pada hari Jumat, 14 Juni 2024, dan dihadiri oleh para pejabat struktural Yayasan dan Universitas Widyatama, mahasiswa, dosen, para guru dan anak-anak dari TKPG Anglia, TK Fattahulfikri,serta TAAM Rusydah.

Wakil Rektor Universitas Widyatama, Dr. R. Wedi Rusmawan Kusumah, S.E., M.SI., AK., C.A.., dalam sambutannya menyatakan bahwa pembukaan Pojok Ibu dan Anak ini merupakan bagian dari upaya universitas untuk mendukung pendidikan literasi sejak dini. “Kami percaya bahwa membaca adalah fondasi penting untuk pengembangan intelektual dan karakter. Dengan adanya Pojok Ibu dan Anak ini, kami berharap dapat menumbuhkan kecintaan membaca pada anak-anak sejak usia dini,” ujarnya.

Pojok Ibu dan Anak ini dirancang dengan konsep yang ramah anak, dilengkapi dengan berbagai buku cerita, dongeng, serta literatur anak lainnya. Selain itu, tersedia pula berbagai alat peraga edukatif dan fasilitas yang nyaman bagi ibu dan anak untuk membaca bersama. Dengan suasana yang nyaman dan menarik, diharapkan anak-anak akan merasa betah dan semakin tertarik untuk membaca.

Sri Juniati, S.E., M.B.A., selaku Ketua Pembina Yayasan Widyatama meresmikan Pojok Ibu dan Anak secara simbolis dengan menggunting pita. Beliau menambahkan, menurutnya minat baca di Indonesia masih terlalu rendah dan menurun setiap tahunnya. Angka nilai literasi di Indonesia pada tahun 2022 ada pada angka 57.4. Diharapkan dengan adanya Pojok Ibu dan Anak dapat meningkatkan dan membentuk kebiasan anak sejak dini untuk membaca, serta bagi seorang Ibu dapat menambah wawasannya dan mengedukasi anaknya.

“Ibu perlu sekali memiliki wawasan yang luas, tidak hanya tentang kerumah tangga-an tetapi juga wawasan diluar itu, yang sering kali tidak sempat lagi dikembangkan karena sibuk dengan rutinitas, jadi pojok ibu dan anak ini sebenarnya arahnya kesana”. tambahnya

Peresmian ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti mendongeng bersama, menggambar dan mewarnai, serta sesi membaca bersama anak-anak. Dalam kegiatan mendongeng, anak-anak terlihat antusias mendengarkan cerita yang disampaikan oleh Duta Baca Kota Bandung.

Dengan tema “Dari Buku ke Hati: Membangun Kecintaan Membaca Sejak Dini”, Universitas Widyatama berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan budaya literasi di masyarakat. Pojok Ibu dan Anak ini diharapkan tidak hanya menjadi tempat membaca, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak melalui kegiatan membaca bersama.

Kehadiran Pojok Ibu dan Anak ini di Pustakaloka Universitas Widyatama diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk menciptakan ruang-ruang literasi yang mendukung tumbuh kembang anak serta mengembangkan minat baca yang kuat sejak dini.