Ngobrol Pintar Seputar Keuangan Yuk! (Ngopi Kuy): Seminar Kolaborasi OJK dan Universitas Widyatama

Bandung, 11 Juni 2024 – Galeri Investasi Universitas Widyatama, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menggelar acara “Ngobrol Pintar Seputar Keuangan Yuk! (Ngopi Kuy)” yang kali ini mengangkat tema “Mahasiswa Cerdas? Wajib Ngerti Keuangan Digital”. Acara ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung A, Lantai 4, Universitas Widyatama (UTama) dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas yang antusias untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang keuangan digital. Acara ini diusung oleh Reva Yuliani, S.E., M.M. selaku Kepala Galeri Investasi UTama dan didukung oleh Biro Inovasi & Koorporasi Akademik yang dipimpin oleh Dr. Keni Kaniawati, S.E., M.Si.

Dihadiri juga oleh para jajaran pimpinan Yayasan dan Universitas Widyatama, Para petinggi OJK Jawa Barat yang diwakili oleh Aulia Fadly  selaku Direktur Pengawasan Perilaku PJUK, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan LMS OJK, Achmad Dirgantara sebagai Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Barat, serta Bambang S Antariksawan sebagai Analis Senior Perencanaan, Pengembangan, Evaluasi Literasi dan Edukasi Keuangan OJK sekaligus menjadi Narasumber pada kegiatan ini bersama dengan Siti Komariah, S.E., M.M. yang merupakan Dosen Universitas Widyatama.

Pentingnya Literasi Pasar Modal dan Investasi

Dalam era digital yang semakin maju, literasi keuangan digital menjadi keterampilan yang sangat penting bagi mahasiswa. Keuangan digital tidak hanya mencakup penggunaan teknologi untuk transaksi, tetapi juga pemahaman tentang investasi, perencanaan keuangan, dan keamanan data pribadi. Literasi keuangan yang baik memungkinkan mahasiswa untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi keuangan.

Pembicara dan Sesi Diskusi

Acara ini menampilkan beberapa pembicara terkemuka di bidang keuangan dan teknologi yang diundang oleh OJK. Salah satunya adalah Achmad Dirgantara, seorang ahli ekonomi digital, yang membahas tentang perkembangan pasar modal beserta jenis-jenisnya.

Selain itu, hadir juga Siti Komariah, S.E., M.M., yang merupakan Dosen Universitas Widyatama. Siti berbagi pengalaman praktis mengenai cara memulai investasi di platform digital pada Pasar Modal Syariah. Menjelaskan apa saja yang bertentangan dalam investasi untuk kaum muslim, Produk Investasi pada Pasar Modal Syariah, serta mekanisme berinvestasii di Pasar Modal Syariah.

“Pasar Modal Syariah adalah pasar modal yang pelaksanaan kegiatannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal. ” kata Siti.

Partisipasi Mahasiswa

Sesi tanya jawab yang interaktif menunjukkan antusiasme mahasiswa terhadap topik ini. Banyak dari mereka yang bertanya tentang bagaimana cara memilih platform investasi yang aman, tips mengatur keuangan pribadi, dan bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan literasi keuangan mereka.

Edukasi Berkelanjutan

OJK dan Universitas Widyatama berkomitmen untuk terus memberikan edukasi seputar literasi keuangan digital kepada mahasiswanya. Rektor Universitas Widyatama, Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum., mengatakan pada sambutan bahwa acara seperti ini akan rutin diadakan untuk memastikan mahasiswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga cerdas dalam mengelola keuangan mereka. “Kami ingin mahasiswa kami siap menghadapi tantangan dunia digital, termasuk dalam hal keuangan. Literasi keuangan digital adalah kunci menuju masa depan yang lebih cerah,” ujar Prof. Dadang.

Penutup

Acara “Ngobrol Pintar Seputar Keuangan” ini merupakan langkah nyata Universitas Widyatama dan OJK dalam meningkatkan literasi keuangan digital di kalangan mahasiswanya. Dengan pemahaman yang baik tentang keuangan digital, diharapkan mahasiswa Universitas Widyatama dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan bijaksana, serta siap menghadapi tantangan ekonomi di era digital ini.