Mengangkat UKM Desa Cililin Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi

Mengangkat UKM Desa Cililin Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi

Acara Pengabdian kepada Masyarakat kali ini diselenggarakan di Kec. Cililin, Kab. Bandung Barat, pada hari Kamis tgl. 7 Mei 2018, merupakan suatu kewajiban dosen untuk melaksanakan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi. Merupakan kehormatan bagi kami (tim dosen) dapat merealisasikannya dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan yang masih dirasa kurang berkembang. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 73 Dosen dari Fakultas Bisnis & Manajemen UTama, Sekolah Pascasarjana UTama, Fakultas Ekonomi UTama, Dosen Luar Biasa dan 20 mahasiswa dari Fakultas Bisnis & Manajemen UTama. Walaupun 40 Dosen dan 11 mahasiswa berhalangan hadir dikarenakan berbenturan dengan kegiatan perkuliahan; namun berkat kerjasama serta dukungan dari berbagai pihak yang ikut berpartisipasi dengan sukarela menyisihkan sebagian materi, waktu, tenaga dan fikiran, acara PkM ini dapat terselenggara dengan sukses.

WhatsApp Image 2018 05 25 at 15.00.09 - Mengangkat UKM Desa Cililin Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi

Acara dimulai pada pukul 8.30 dengan dibuka oleh Bapak Endang Hadiat selaku Camat Cililin ditambah dengan sambutan dari ketua panitia PkM(Bu Adjeng Mariana). Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan pokok seputar materi penyuluhan UKM(usaha kecil&menangah) kecamatan cililin dengan dikoordinir oleh Bapak Ismail Solihin sesuai dengan bidang kajian masing-masing, yakni: bidang kajian aspek pemasaran, bidang kajian aspek kewirausahaan, bidang kajian aspek sumber daya manusia serta bidang kajian aspek operasional dan stratejik. Adapun peserta yang menjadi objek acara pengabdian masyarakat kali ini kurang lebih berjumlah 15 pelaku UKM (usaha kecil & menengah) dari berbagai produk hasil olahan, diantaranya: Produk Wajit, Kerupuk Gurilem Aneka Rasa, Dodol Cililin Aneka Rasa, Chocolajit (Coklat Wajit Cililin), Keripik Tempe serta Produk Labu Madu yang unik dan terbaru dihasilkan. Setelah paparan presentasi dan penyuluhan dari Tim Dosen Utama kepada para pelaku UKM selesai (± 3 jam), maka acara ditutup tepat pada jam 12 siang + ramah tamah.

WhatsApp Image 2018 05 25 at 15.00.08 2 - Mengangkat UKM Desa Cililin Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tidak lupa pula kami (tim dosen) mengucapkan terima kasih kepada P3IMB UTama, Sekolah Pascasarjana UTama dan pihak sponsor, seperti: Batik Nanda Tasikmalaya, Kleinkinder Preshool Bekasi, Bank Woori Saudara Bandung, After Hijra Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang telah berpartisipasi & turut serta dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kec. Cililin, Kab. Bandung Barat. Terlaksananya kegiatan PKM ini diharapkan dapat membantu pengembangan usaha perekonomian daerah kearah yang lebih baik walaupun untuk mencapai harapan tersebut diperlukan kesabaran dan keuletan serta rentang waktu yang cukup panjang.

Tim dosen berharap semoga kegiatan PKM ini dapat dijadikan tolok ukur untuk membawa nama Institusi Widyatama dan Kabupaten Bandung Barat sebagai pioneer pendidikan di Jawa Barat, melalui penyuluhan terhadap pelaku UKM khususnya di Kecamatan Cililin sebagai wirausaha mandiri yang terkenal beragam dengan jenis produk andalannya, yakni: Wajit & Gurilem. (Abdul Rozak, SE.,M.Si/FBM)

 

Unpar Kukuhkan Kerjasama dengan Widyatama dan UPDM (B)
Civitas Academica Widyatama Perkuat Iman di Bulan Suci Melalui Pekan Cahaya Qur’an