Kuliah Umum Menteri Perhubungan RI di Kampus Widyatama

” Sikap Rendah Hati Kunci Kebesaran  Pemimpin ”
Kebesaran seorang pemimpin bukanlah terletak dari hal yag telah dicapai, tetapi justru dimulai dari sikap kerendahan hati untuk bersedia melayani dan memenuhi kebutuhan orang yang dipimpinnya. Untuk mencapai kepemimpinan yang baik perlu ada penyatuan administrasi, manajemen  dan kepemimpinan dalam suatu organisasi.  Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Freddy Numberi saat menyampaikan kuliah umum dengan topik Kepemimpinan Sepanjang Zaman, di kampus Universitas Widyatama (UTama) Bandung, Sabtu (20/11).

“Manajemen merupakan inti dari administrasi dan kepemimpinan merupakan inti manajemen,” paparnya di hadapan sekitar 1000 mahasiswa Universitas Widyatama. Freddy menambahkan ada berbagai tipe dalam kepemimpinan yaitu otokratik, birokratik, demokratik, dan liberal.  “Tetapi yang paling sesuai di era globalisasi ini adalah tipe demokratik, yang tentunya dengan penyesuaian dalam konteks isi di lapangan,” katanya.

Ditambahkan  Freddy, seorang pemimpin harus memiliki nilai inti untuk memimpin organisasinya, yaitu loyalitas, kewajiban, integritas, kehormatan, ketabahan, keyakinan, dan penghargaan. (humas)

Universitas Widyatama Tuan Rumah Nihongo Noryo ke Shike 2010
Widyatama Univ. Top Leader Meets with DLSL Prexy