Gelaran ARDUINO DAY 2019 di Universitas Widyatama

Gelaran ARDUINO DAY 2019 di Universitas Widyatama

Jum’at (15/3) Dalam rangka turut serta memeriahkan gelaran Internasional Arduino Day 2019, Pusat Studi Informatics Research and Development (IRD) Universitas Widyatama menggelar Workshop Arduino (introduction) dan Pameran karya komunitas-komunitas Arduino (live demo) yang diikuti oleh peminat platform Arduino yang berada di Bandung dan sekitarnya. Bertempat di Ruang Lab Sertifikasi (R.B.411) Gedung B Lantai 4 yang diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 Maret 2019.

Gelaran kali ini menjadi satu dari total 659 event Arduino Day di 106 negara (day.arduino.cc). Arduino Day Widyatama kali ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang sekolah menengah, Perguruan Tinggi di kota Bandung dan kalangan umum (komunitas pengembang platform Arduino).

IMG 0039 1024x682 - Gelaran ARDUINO DAY 2019 di Universitas Widyatama

Arduino Day merupakan perayaan ulang tahun Arduino di seluruh dunia. Ini adalah acara yang berlangsung 24 jam – yang diselenggarakan langsung oleh komunitas, atau oleh para pendiri Arduino – yang menyatukan orang untuk berbagi pengalaman dan belajar lebih banyak tentang platform open-source. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah mengenalkan platform teknologi arduino untuk mengembangan berbagai ide kreatif dan untuk menampilkan berbagai karya komunitas yang dikembangkan dengan basis platform arduino.

Kegiatan Workshop “Introduction to Arduino Workshop ditujukan bagi siswa SMP – SMA sederajat yang ingin mengetahui tentang platform Arduino sebagai platform pengembangan IoT (Internet of Things). Adapun tools yang digunakan adalah Arduino IDE dan Thinker CAD (simulator Arduino) dan materi yang disampaikan adalah materi dasar terkait Arduino, diantaranya Pengenalan Arduino UNO, Pengenalan & Penggunaan LED dan RGB, Pengenalan dan Penggunakan Tilt Button, Pengenalan dan Penggunaan Speaker, Pengenalan dan Penggunaan Sensor Ultrasonic, Pengenalan dasar pemograman (Conditional dan Looping).

IMG 0025 1 1024x682 - Gelaran ARDUINO DAY 2019 di Universitas Widyatama

Sementara kegiatan live demo bekerjasama dengan berbagai komunitas Arduino, khususnya yang ada di kota Bandung dan sekitarnya. Tujuannya adalah menampilkan berbagai macam karya yang dimiliki oleh komunitas dan saling berbagi pengetahuan antar sesama pengembang.

“Semua grup pengguna baik berupa komunitas makerspaces & hackerspaces, fablab, asosiasi, guru, profesional, dan pemula dipersilakan untuk dapat berkontribusi dalam kegiatan yang diadakan di seluruh dunia secara gratis. Arduino Day terbuka untuk siapa saja yang ingin merayakan hal-hal menakjubkan yang telah dilakukan (atau dapat dilakukan!) Dengan terbuka -sumber daya platform. Acara ini akan menampilkan berbagai jenis kegiatan, yang dirancang untuk pemirsa lokal di seluruh dunia”. Ucap Benny Yustim, S.Si., M.T. selaku kepala IRD sekaligus ketua pelaksana.

IMG 0032 1024x682 - Gelaran ARDUINO DAY 2019 di Universitas Widyatama

Benny menambahkan “Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh berbagai individu yang ingin mengetahui tentang arduino dan komunitas yang memang memiliki berbagai macam karya yang dikembangkan pada platform Arduino. Diharapkan nantinya berbagai karya tersebut dapat menginspirasi dan mendorong berbagai ide baru dalam pengembangan teknologi dimasa yang akan datang.” (Ed)

Pengenalan Sertifikasi Keahlian / Profesi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen D-III
Sashimi XI : Dungeon