Dua PTS di Jabar Masuk 50 Besar PT Paling Populer

Dua perguruan tinggi swasta (PTS) asal Jawa Barat Universitas Widyatama, dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) masuk ke dalam jajaran lima puluh besar perguruan tinggi dengan paling populer di Indonesia versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) 2010. Dari sekitar 141 perguruan tinggi se-Indonesia yang terdaftar di situs tersebut, Unpar menempati peringkat ke-26, sedangkan Widyatama berada di peringkat ke-43.

Kepala Public Relations dan Marketing Universitas Widyatama, Fitrah Rumaisa mengatakan, bagi Widyatama capaian ini memang belum optimal. Namun ini adalah salah satu bukti bahwa Widyatama sebagai salah satu PTS di Indonesia telah dan akan terus meningkatkan kualitas agar dapat bersaing dalam kondisi seperti sekarang ini.  Penilaian dalam ranking perguruan tinggi versi 4ICU memang bukan terhadap organisasi dan kelembagaan. “Penilaian di situs tersebut dilakukan berdasarkan popularitas situs perguruan tinggi yang paling banyak dicari orang di internet.

Situs ini menilai jumlah pencarian yang dilakukan orang terhadap situs perguruan tinggi yang bersangkutan,” paparnya ketika ditemui belum lama ini. Situs 4ICU.org memang melakukan penilaian popularitas terhadap perguruan tinggi di dunia berdasarkan situs mereka masing-masing. Penilaian yang dilakukan merujuk pada berapa banyak situs sebuah perguruan tinggi dicari orang melalui tiga mesin pencari (search engine) ternama seperti Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank.  Posisi lima besar tingkat Indonesia dikuasai oleh perguruan tinggi negeri (PTN) ternama.

Institut Teknologi Bandung (ITB) bertengger di peringkat teratas diikuti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).  Sementara untuk tingkat Asia, Indonesia hanya menempatkan satu perguruan tinggi pada posisi seratus besar. Posisi tersebut diraih oleh ITB yang menempati peringkat 11 di Asia. Kendati unggu dari segi peringkat, Indonesia masih kalah dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia yang menempatkan tiga perguruan tingginya dalam seratus besar.  Tujuan utamanya adalah untuk membantu perguruan tinggi di berbagai negara untuk mengetahui seberapa besar popularitas mereka dan membantu calon mahasiswa internasional untuk menentukan seberapa besar perguruan tinggi yang akan mereka tuju di negara lain. Hingga saat ini, 4ICU sudah memuat sekitar 9.200 situs perguruan tinggi di dua ratus negara. (sumber Pikiran Rakyat Bandung)

Program Beasiswa & PMDK Universitas Widyatama
Perkembangan Pesat Mobile Lifestyle