Cyber Test UMB PTS di Universitas Widyatama

Cyber test pada Ujian Masuk Bersama  Perguruan Tinggi Swasta (UMB PTS) periode 2, pada Minggu, 21 Februari 2010  telah digelar di kampus Universitas Widyatama Bandung dan serentak dilaksanakan di 33 PTS seluruh Indonesia. UMB PTS merupakan salah satu alternatif cara efisien bagi calon mahasiswa yang berkeinginan masuk perguruan tinggi swasta dengan menghemat waktu, tenaga dan biaya.Hanya dengan sekali bayar sebesar Rp.225 ribu dan sekali ujian saja, calon peserta dapat langsung memilih 4 program studi pada 4 PTS yang telah bergabung dengan UMB PTS.Alasan efisiensi waktu, biaya dan tenaga ini umumnya menjadi pertimbangan calon mahasiswa untuk mengikuti UMB PTS. Peserta ujian pun diberikan kemudahan dan keleluasaan untuk memilih lokasi ujian di PTS terdekat dengan domisilinya. Peserta ujian pun tidak perlu ujian di tempat program studi atau universitas yang menjadi pilihannya. Peserta ujian boleh memilih program studi di mana saja.

Ujian menggunakan sistem komputerisasi atau cyber test, artinya peserta ujian mengerjakan langsung secara online di laboratorium di PTS yang dipilihnya.  Kota Bandung, diwakili oleh tiga PTS besar masing-masing Universitas Widyatama Bandung, Universitas Parahyangan dan ITENAS. Sementara itu peserta ujian terbagi dalam dua yakni kelompok yang mengerjakan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan kelompok yang mengerhajkan soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).  Setiap peserta dapat mengikuti kelompok IPA saja, atau kelompok IPS saja, tidak tergantung pada jurusan SMA-nya.

Sehingga peserta yang di SMA-nya dari jurusan IPA dapat memilih kelompok IPA ataupun kelompok IPS, begitu pula sebaliknya. Kelompok ini hanya tergantung dari program studi yang dapat dipilih peserta. Peserta dalam kelompok IPA hanya dapat memilih program studi pada kelompok IPA, dan peserta yang tergabung dalam kelompok IPS hanya dapat memilih program studi pada kelompok IPS.Materi ujian terdiri atas kemampuan Dasar berupa Soal Matematika, soal Bahasa Indonesia dan soal Bahasa Inggris. Untuk kemampuan IPA terdiri atas, soal Biologi, Kimia, Fisika dan IPA Terpadu. Kemampuan IPS terdiri dari atas soal Sejarah,  Geografi,  Ekonomi dan IPS terpadu.

Lomba Debat Nasional di Widyatama
Buletin Dies Natalis