WISE 2016 : Ajang memperkenalkan Sistem Informasi kepada Siswa Menengah Atas

WISE 2016 : Ajang memperkenalkan Sistem Informasi kepada Siswa Menengah Atas

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide baru dan cara baru dalam pemecahan masalah serta menemukan peluang (thinking new thing). Hal itu pun yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) dalam mengapresiasikan kreativitasnya dengan mengemas event besar yang dinamakan WISE. WISE merupakan kependekan dari Widyatama Informatic System Event, acara rutin yang diselenggarakan tahunan ini dilakukan pula oleh mahasiswa di setiap angkatannya.

Tema yang di angkat pada WISE tahun ini adalah Smart City. Usulan tema yang datang melalui voting panitia merupakan topik hangat yang tengah hangat dicanangkan oleh Walikota Bandung Bapak M. Ridwan Kamil dalam menata kota Kembang, Bandung. Acara yang dikemas dengan seminar dan lomba kreativitas ini banyak melibatkan berbagai banyak pihak, salah satunya adalah peserta perlombaan mengajak siswa/I SMA dan sederajat. Perlombaan meliputi desain poster, desain website, karya ilmiah dengan mengusung tema smart city, dan cerdas cermat antar sekolah menengah atas.

Event ini akan melibatkan banyak sekolah, para siswa diarahkan menjadi seorang kreatif dengan koridor mensukseskan program pemerintah pula yaitu smart city. Tidak hanya softskill saja yang diasah, namun social responsible pun dapat mereka ambil dari keterlibatannya mengikuti rangakaian acara WISE”, ujar Bapak Hari Supriyadi, S.T., M.Kom selaku Sekretaris Program Studi Sistem Informasi (S1) saat ditemui pada acara visitasi SMA Laboratorium UPI.

Rencana, acara lomba akan ditutup dengan pemberian hadiah dan trophy pemenang lomba yang dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian acara puncak yaitu Seminar. Adapun yang menjadi pembicara pada seminar tersebut adalah Bapak M. Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat Junaedi, M.Eng ( Guru Besar ITB dan Pakar Smart city), serta Prof. Dr. Ir. Richardus Eko, M.Sci, M.B.A, (Guru Besar Sistem Informasi Universitas Widyatama). Dengan sub tema yang akan diangkat menjadi topik hangat yaitu mobility, government, environtment, people, economy, and living.

Selain ajang kreativitas mahasiswa dalam penciptaan softskill yang matang, pelaksanaan event WISE ini dapat menjadi point menarik khususnya dalam membangun citra positif institusi Widyatama. Balutan acara yang menyenangkan, menyentuh dengan tren siswa pada era sekarang menjadikan nilai promosi yang baik pula bagi Universitas Widyatama dalam raihan Mahasiswa Baru ke depannya.