Fakultas Teknik Universitas Widyatama gelar Seminar dan Workshop Kurikullum KKNI

Fakultas Teknik Universitas Widyatama gelar Seminar dan Workshop Kurikullum KKNI

IMG_0169

Bandung (5/3/2015), Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Widyatama bekerjasama dengan APTIKOM Pusat menggelar Acara Seminar dan Workshop Kurikullum KKNI dengan tema “ Sarasehan Program Studi Informatika dan Komputer”. Dengan mengundang tiga narasumber yang berkopetensi di bidangnya. Seperti Prof.Zaini A. Hasibuan, Ph.D selaku Ketua APTIKOM Pusat, Prof.Dr. Abdul Hakim Halim (Ketua Kopertis Wilayah IV) dan Ketua Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung Dr. Ayu Purwarianti.

Masing-masing pembicara atau pengisi seminar, mengemas beberapa tema yang berhubungan dengan kurikullum KKNI khususnya di bidang Program Studi Teknik Informatika. Di awali oleh Prof.Zaini A. Hasibuan, Ph.D memaparkan mengenai Kompetensi Inti dari Prodi Teknik Informatika dan Komputer berdasarkan nomenklatur DIKTI. Berbeda dengan Prof.Dr. Abdul Hakim Halim, beliau membahas mengenai, kebijakan pemerintah tentang Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan UU No.49 tahun 2014. Dan pemaparan pamungkas datang dari Ketua Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung Dr. Ayu Purwarianti, beliau membahas mengenai Workshop pengelolaan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Acara ini bertujuan memahami kebijakan pemerintah tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bagi Program Studi, serta Membimbing peserta workshop tentang teknis langkah penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi & Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kegiatan ini meliputi Seminar Nasional mengambil tema “Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI Nara sumber berasal dari Kopertis dan Pakar Ahli di Bidang IT, Deklarasi Forum Prodi akan membentuk Forum Prodi dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan Prodi dan sebagai wadah bagi komunikasi masalah-masalah yang di hadapi Prodi Infokom, Pameran teknologi Informasi , selain di isi dari pihahak Industri, pameran ini juga oleh riset mahasiswa dari beberapa perguruan Tinggi khususnya Jabar, dan Paralel dengan Kegiatan yang lainnya, juga adanya rapat kerja Aptikom pengurus pusat yang akan membahas agenda kerja 2015, dimana peserta berasal dari pengurus, ketua program studi dan pimpina se Indonesia .