SMKN 8 Bandung Merasakan Manfaat Program “Digital Library” Dosen dan Mahasiswa Perpustakaan & Sains Informasi UTama

SMKN 8 Bandung Merasakan Manfaat Program “Digital Library” Dosen dan Mahasiswa Perpustakaan & Sains Informasi UTama

Program studi (Prodi) Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Widyatama (UTama) Kota Bandung, berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Informatika melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMKN 8 Bandung.

Pada PKM ini kedua Prodi membuat program dan pemanfaatan Digital Library, diberi tema “Sosialisasi Penggunaan Digital Library”.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 29 Juli 2022, lalu.

WhatsApp Image 2022 08 15 at 9.48.12 AM 1024x480 - SMKN 8 Bandung Merasakan Manfaat Program “Digital Library” Dosen dan Mahasiswa Perpustakaan & Sains Informasi UTama

Acara sosialisasi penggunaan Digital Library itu berlangsung di gedung perpustakaan SMKN 8 Bandung, Jalan Kliningan No 31.

Dihadiri oleh Kepala Perpustakaan, Staf Perpustakaan dan Staf ICT SMKN 8, termasuk dosen serta mahasiswa dari kedua Prodi.

Kepala Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UTama, Diah Sri Rejeki, S.Sos., M.I.Kom., menjelaskan bahwa pengembangan Digital Library ini merupakan hasil riset bersama, antara Dosen Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Dosen Prodi Teknik Informatika serta mahasiswa kedua prodi melalui kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

WhatsApp Image 2022 08 15 at 9.48.13 AM 1 1024x480 - SMKN 8 Bandung Merasakan Manfaat Program “Digital Library” Dosen dan Mahasiswa Perpustakaan & Sains Informasi UTama

Lanjutnya program yang sudah selesai dibuat, kemudian diimplementasikan dan sudah dirasakan manfaatnya oleh pustakawan dan siswa.

“Sehingga operasional di perpustakaan sangat terbantu mulai dari pendaftaran anggota baru, penginputan koleksi buku, peminjaman dan pengembalian koleksi buku serta adanya fasilitas forum,” kata Diah.

Masih kata Diah, bahwa fitur-fitur yang dibuat sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Perpustakaan SMKN 8 Bandung, walaupun masih ada beberapa fitur yang masih perlu penyempurnaan.

Menanggapi kegiatan itu Staf ICT SMKN 8 Bandung Indra Nurdiyana, S.T., mengatakan bahwa kegiatan pengembangan tersebut sudah mencapai 80% dan bisa dilanjutkan kembali untuk MBKM mahasiswa UTama berikutnya, sehingga ke depan fitur-fitur yang ada bisa dimaksimalkan.

Sementara itu Kepala Perpustakaan SMKN 8 Bandung Elok Wahyu Yudha Wantina, S.Pd serta para Wakil Kepala Sekolah SMKN 8 memberikan apresiasi kepada dosen dan mahasiswa MBKM UTama yang telah membangun Digital Library di SMKN 8 dan sudah bisa diakses oleh pustakawan dan siswa SMKN 8 Bandung.

Upacara HUT RI ke-77 oleh Civitas Akademika Widyatama
Mahasiswa Prodi Informatika Berkerjasama dengan Petani dalam Kegiatan MBKM