Gedung Pustaka Loka Widyatama diresmikan Ketua Badan Pengurus Yayasan

Ketua Badan Pengurus Yayasan Widyatama, Prof. Dr. Koesbandijah A. K., M.S., Ak., Sabtu 31 Mei 2008 lalu meresmikan gedung perpustakaan baru yang diberi nama Gedung Pustaka Loka Widyatama. Gedung yang dibangun di atas sebidang tanah seluas 3537 m2, berfungsi sebagai Perpustakaan dan Ruang Perkuliahan.

Dalam sambutan peresmian tersebut, Ketua Badan Pengurus Yayasan mengatakan bahwa : dalam menempa wawasan seseorang, berbagai disiplin ilmu yang didapat di bangku sekolah belumlah cukup. Mahasiswa harus terus membuka pikiran dan mengembangkan bakatnya, karena pendidikan merupakan proses yang berlangsung seumur hidup.

Dalam kaitan kualitas, proses pendidikan di  lembaga pendidikan harus mengembangkan sisi spiritual, intelektual, cultural dan kemampuan teknologi mahasiswa. Selain itu, lembaga penunjang pendidikan seperti perpustakaan harus tersedia. Perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan. Berbagai sumber informasi seperti jurnal nasional dan jurnal internasional serta digital library harus tersedia di perpustakaan.

Sementara itu, Rektor menegaskan bahwa  lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan pola pikir yang menganggap ijazah adalah satu-satunya yang terpenting dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi harus diubah. Pasalnya ijazah yang dimiliki tidak ada artinya jika  tidak disertai motivasi dan kerja keras. Lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Gedung yang terdiri 3 lantai tersebut :

  • lantai satu dipergunakan sebagai ruang koleksi buku umum,
  • lantai dua dipakai sebagai ruang diskusi dan ruang koleksi referensi serta
  • pada lantai teratas dipergunakan sebagai ruang IT development, dimana para pengguna akan disuguhi fasilitas internet, baik media kabel maupun media wireless (Hotspot).

Selain perpustakaan gedung 3 lantai ini, juga dilengkapi ruang perkuliahan sebanyak 18 kelas, masing-masing 6 kelas pada tiap lantainya. Dalam kesempatan ini penandatangan prasasti dilakukan oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan dilanjutkan dengan serah terima Pustaka Loka Widyatama kepada Rektor Universitas Widyatama berupa penandatangan surat serah terima gedung serta penyerahan kunci.

Acara yang dihadiri oleh staf dosen dan karyawan juga dihadiri para tamu undangan,  merupakan mitra kerja Universitas Widyatama.  Acara dimeriahkan tari burung merak, upacara penggutingan pita, diakhiri peninjauan gedung dan ramah tamah. Sementara itu, Kepala Proyek sekaligus Kepala Bagian Lingkungan Universitas Widyatama, Yudha Adidharma, S.T., menyatakan bahwa pembangunan gedung memaka waktu  365 hari kerja, dengan alokasi dana sekitar  11,6 miliar rupiah termasuk relokasi lapang basket dan ruang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Tim Bahasa Jepang Widyatama Rebut 3 Juara Pada Bunkasai Ke 34
Wisuda Gelombang III Universitas Widyatama Tahun Akademik 2007/2008