Ratusan Siswa Hadiri Open House Widyatama Vol. 2

open house widyatama

BANDUNG – Total ratusan siswa SMA/SMK dari berbagai sekolah di Bandung dan sekitarnya memadati Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Widyatama pada Kamis, 24 Juli 2025. Mereka hadir dengan antusiasme tinggi untuk mengikuti Open House Widyatama Volume 2, sebuah acara yang dirancang untuk memperkenalkan kondisi faktual dan keunggulan salah satu dari 13 perguruan tinggi swasta (PTS) terakreditasi Unggul di Jawa Barat dan Banten tersebut.

Acara ini menjadi jembatan informasi langsung antara universitas dengan calon mahasiswa, orang tua, serta para guru. Rektor Universitas Widyatama, Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum., dalam sambutannya menegaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menyajikan gambaran yang nyata dan faktual tentang kampus. “Kami ingin memberikan informasi yang sangat faktual dan nyata berkaitan dengan profil Universitas Widyatama. Di zaman digital ini, informasi mudah didapat, namun mungkin ada yang tidak sesuai kondisi riil. Oleh karena itu, kami mengundang para siswa, orang tua, dan guru untuk mengenal lebih dekat,” ujar Prof. Dadang.

Lebih lanjut, Prof. Dadang menekankan komitmen Widyatama untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas premium. Komitmen ini dibuktikan dengan kualitas akademik, riset, sumber daya manusia, serta infrastruktur yang mendapat apresiasi tinggi dari para asesor. “Insyaallah kami akan menjaga kualitas dan kredibilitas untuk menghasilkan lulusan yang bisa bersaing di tingkat nasional dan global,” tegasnya.

 

open house widyatama
Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum., Rektor Universitas Widyatama memberikan sambutan pada acara Open House Widyatama Vol. 2.

Antusiasme Siswa dan Pengalaman Nyata di Kampus

Suasana di dalam GSG terasa semarak layaknya sebuah festival pendidikan. Setiap fakultas dan program studi (prodi) menampilkan booth kreatif yang berhasil menarik perhatian para siswa. Mereka tidak hanya melihat, tetapi juga aktif bertanya dan berdiskusi dengan perwakilan prodi, mendapatkan gambaran jelas tentang dunia perkuliahan yang akan mereka masuki.

Kesan positif pun datang dari para siswa yang hadir. Seorang siswi dari SMA PGII 1 Bandung mengaku terkejut dengan kualitas yang ditawarkan. “Kesan pertama kaget banget, Widyatama tuh sebagus ini. Pas masuk, lihat banyak sekali jurusannya, jadi kebayang pengen masuk ke mana. Kampusnya juga keren, dan banyak jurusan yang aku minati seperti perdagangan internasional, jadi makin tertarik,” ungkapnya. Ia juga menyoroti keunggulan kerjasama internasional yang dimiliki Widyatama sebagai daya tarik utama.

open house widyatama
Sesi wawancara dengan salah satu pengunjung Open House Widyatama Vol. 2.

Hal senada diungkapkan oleh Wulan, siswi dari SMA PGII 2 Bandung, yang terkesan dengan fasilitas fisik kampus. “Menurut aku kampusnya gede banget ya, terus bersih. Banyak bangunan baru juga, jadi semuanya bagus. Yang aku perhatikan, fasilitas untuk setiap jurusan sangat lengkap, contohnya untuk Teknik, alat-alatnya banyak banget. Sangat memfasilitasi,” tutur Wulan.

Strategi Widyatama Sosialisasi Kepada Calon Mahasiswa

Direktur Marketing Universitas Widyatama, Muchammad Fauzi, S.T, M.Log., CSCA., CSCM., menjelaskan bahwa Open House Widyatama merupakan agenda rutin yang diselenggarakan dua kali dalam setahun. Menurutnya, acara ini bukan sekadar pameran, melainkan bagian dari edukasi, peningkatan jejaring, serta menjalin kerja sama strategis.

“Kegiatan sekarang tidak hanya edukasi saja, tapi ada juga lomba dan sosialisasi kerja sama atau MoU dengan mitra industri. Target kami adalah siswa, guru, dan mitra industri,” jelas Fauzi. Ia berharap, melalui acara ini, Widyatama dapat memperkuat kolaborasi dengan dunia industri sekaligus meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru untuk tahun akademik 2025-2026.

Sebagai kesimpulan, Open House Widyatama Volume 2 berhasil menjadi etalase yang efektif untuk menunjukkan kualitas dan potensi yang dimiliki universitas. Acara ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga pengalaman langsung yang membangun kepercayaan dan minat calon mahasiswa. Dengan memadukan presentasi keunggulan akademik dan suasana yang interaktif, Widyatama membuktikan kesiapannya dalam menyambut generasi baru yang siap bersaing di kancah global.