Sejarah

Pada awalnya, Program Studi Teknik Industri merupakan salah satu Program Studi pada Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Widyatama yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. STT Widyatama  didirikan pada tahun 1995 dan mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50/D/0/1996 tanggal 8 Agustus 1996.
Pada bulan Agustus 2001, dengan bergabungnya empat Sekolah Tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama membentuk Universitas Widyatama, Program Studi Teknik Industri menjadi salah satu Program Studi pada Fakultas Teknik – Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi, misi , tujuan dan sasaran pada Program Studi Teknik Industri dikembangkan dari perencanaan strategis Fakultas Teknik (FT) yang merupakan bagian dari Rencana Strategis Universitas Widyatama.
Universitas Widyatama (UTama) memiliki visi sebagai berikut:
“Menjadikan universitas yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidangnya dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam lingkungan global.”
Melihat visi universitas di atas, UTama berusaha untuk selalu menciptakan profesional-profesional yang selalu adaptif terhadap perubahan yang positif membawa kepada kemajuan bangsa dan negara. Sehingga masyarakat memandang UTama menjadi bagian dari dunia global sebagai inisiator, katalisator dinamika perubahan dan proses-proses pembelajaran didalamnya.
Sebagai pengelola pendidikan dibidang teknologi dalam hal ini adalah Fakultas Teknik (FT) di UTama, merupakan sebuah hal yang mulia untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai keahlian di bidang keteknikan dan teknologi dalam membangun Bangsa Indonesia.
Berdasarkan hal tersebut FT menjadikan visi UTama tersebut menjadi dasar dalam bagian pencapaian visi UTama dengan jabaran visi-nya pada bidang teknologi. Adapun visi Fakultas Teknik adalah sebagai berikut:
“Menjadi Fakultas Teknik yang menghasilkan sumber daya  manusia unggul dalam bidang Teknik Industri, Teknik Informatika Dan
Sistem Informasi dalam lingkup global.”
Mengacu pada misi Universitas Widyatama, dijabarkan misi Fakultas Teknik sebagai berikut:
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Teknik Industri, Informatika dan Sistem Informasi yang menunjang kepada pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dapatmenghasilkan lulusan yang profesional dan kreatif dalam bidang Teknik.
  3. Menggali “kekhasan akademik”, sebagai daya saing dan positioning melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu Teknik.
  4. Mengembangkan kerjasama institusi baik dalam maupun luar negeri untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar/industri dan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemudian Program Studi Teknik Industri mengembangkan tujuan untuk pencapaian misi-nya adalah
sebagai berikut:
  1. Terbentuknya sumber daya manusia yang unggul dalam bidang sistem produksi dan sistem logistik.
  2. Terbentuknya sumber daya manusia yang unggul dalam bersaing secara global dan mampu bekerjasama secara baik dan bertanggung jawab.