Fakultas Ekonomi

Website: http://ekonomi.widyatama.ac.id/

Sejarah

Universitas Widyatama (UTama) berada di bawah naungan Yayasan Widyatama, Yayasan Widyatama semula bernama Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Akuntansi Bandung (YPPAB) yang didirikan di Bandung pada tanggal 3 Januari 1973 atas prakarsa Ibu Dra. Koesbandijah Abdoel Kadir (sekarang Prof. Dr. Hj. Koesbandijah Abdoel Kadir, M.S., Ak. Ketua Badan Pengurus Yayasan Widyatama). Yayasan ini mengelola Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan Program Studi Strata satu (S-1) Akuntansi.

Pada tahun 1977 YPPAB berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Bandung (YPPAMPB). Perubahan nama ini dilakukan sejalan dengan penambahan Program Studi Manajemen Perusahaan tahun 1976 yang dikelola oleh Institut Manajemen Bandung (IMB) dan selanjutnya IAB dan IMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Bandung (STAMPB). Dengan demikian YPPAB yang menaungi IAB dan IMB berubah nama menjadi YPPAMPB yang menaungi STAMPB. Pada tahun 1979 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (YASTIEB) dan mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dengan Program Studi Akuntansi dan Manajemen.

Mengikuti perkembangan kebutuhan serta perkembangan Yayasan sendiri, pada tahun 1993 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Widyatama. Yayasan ini mengelola Sekolah Tinggi dalam bidang Ekonomi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung-STIEB), Teknik (Sekolah Tinggi Teknik Widyatama-STT Widyatama) dan Bahasa (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Widyatama-STIBB Widyatama), Desain Komunikasi Visual (Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual Widyatama-STDKV Widyatama) dan Program MM Widyatama, serta Program Profesi Akuntansi (PPA).

VISI

Menjadi Fakultas Ekonomi yang dapat menghasilkan sumber daya manusia  profesional dibidang Akuntansi, berbudi luhur, senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,  serta  mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan global.

 MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan akuntansi bermutu tinggi, meliputi penyelenggaraan pendidikan jenjang Diploma Tiga, Strata Satu, dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi.
  2. Menyelenggarakan Proses pembelajaran bermutu tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang Akuntansi, dan  berbudi luhur.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu Pengetahuan bidang Akuntansi.
  4. Menciptakan budaya akademik yang kondusif di bidang Akuntansi.
  5. Melakukan kerjasama dengan berbagai fihak untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi penyelenggaraan pendidikan dengan kebutuhan profesi akuntansi.

Program Studi

Program Studi Akuntansi S1

Program Studi Akuntansi D3

Program Studi Magister Akuntansi

Program Profesi Akuntansi (PPAk)