Sejarah

Bahasa merupakan komponen utama dalam komunikasi dan berinteraksi di masyarakat luas. Oleh karena itu bahasa menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam upaya mengejar kemajuan semua bidang ilmu yang semakin pesat berkembang. Sebagai komponen penting dalam berkomunikasi, penguasaan bahasa asing merupakan suatu keharusan bagi generasi muda untuk dapat berkiprah di masyarakat dan mampu mengekspresikan diri serta budayanya di pergaulan nasional maupun internasional.

Fakultas Bahasa Universitas Widyatama menyelenggarakan Program Pendidikan D3 Bahasa Jepang dan S1 Bahasa Inggris dengan tujuan menghasilkan lulusan yang berkepribadian dan memiliki kemampuan berkomunikasi terutama di dunia bisnis dengan konsentrasi travel business dan office management.

Program S1 Bahasa Inggris merupakan program pendidikan keilmuan yang dapat dilanjutkan ke jenjang pendidikan program S2, bahkan S3. Program pembelajaran tidak hanya diarahkan pada kemampuan mengembangkan ilmu tapi juga pada keterampilan menggunakan bahasa baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan berbahasa dititik-beratkan pada berbagai kegiatan yang berkaitan dengan media komunikasi di dunia bisnis. Untuk mengukur keterampilan berbahasa, menjelang kelulusan, mahasiswa diharuskan mengikuti English Proficiency Test (EPT).
Beberapa keunggulan dari program studi ini:

  • Program Studi sudah terakreditasi
  • Mendapat hibah: PHK A-1 (2005-2006)
  • Kurikulum Berbasis Kompetensi

Program Studi D3 Bahasa Jepang bertujuan menghasilkan Ahli Madya yang mampu dan trampil menggunakan bahasa Jepang untuk menjadi tenaga profesional tangguh serta dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada. Program ini lebih menitikberatkan pada kemahiran berbahasa baik secara keilmuan maupun praktis sebagai media komunikasi bisnis. Lulusan Program studi D3 Bahasa Jepang minimal setara dengan Level 3 pada tes Kemampuan Bahasa Jepang (Nihongo Noryoku Shiken) dengan keunggulan antara lain :

  • Program Studi sudah terakreditasi
  • Sebagai salah satu anggota SAKURA Network dalam jaringan Pendidikan bahasa Jepang dari The Japan Foundation
  • Sebagai salah satu Program Studi yang mendapatkan bantuan Native Speaker dari salah satu program The Japan Foundation “YOUNG JAPANESE-LANGUAGE TEACHERS DISPATCH PROGRAMME” The Japan-East Asia Network of Exchange of Students and Youths (JENESYS) Program, tahun fiskal 2008/2009
  •  Memiliki konsentrasi bahasa Jepang yang dapat digunakan di Perkantoran dan Pariwisata (Bahasa Jepang untuk Pemandu Wisata/Guide dan Staf Hotel)

Program Studi

Program Studi Bahasa Jepang D3

Program Studi Bahasa Inggris S1