Untitled

 

Art Therapy Center Widyatama didirikan sebagai wadah yang konkrit bagi sumbangsih keilmuan serta peran serta penanganan para penyandang disabilitas.

Yayasan Widyatama merasa perlu untuk mengejewantahkan misinya dalam masalah ini sebagai pengabdian masyarakat. Kebutuhan art therapy dari masyarakat baik orang tua, pendidik, terapis penyandang disabilitas membuktikan bahwa sangat perlu bagi perkembangan penyandang disabilitas itu sendiri.

Kegiatan yang berlangsung di Art Therapy Center Widyatama merupakan kegiatan pengembangan kemampuan anak berkebutuhan khusus meliputi behavior and life skill berbasis art & design.

Dalam hal ini Art Therapy Center Widyatama BUKAN dalam konteks penyembuhan melainkan menjadikan anak berkebutuhan khusus yang asalnya tidak bisa menjadi bisa.

VISI

Menjadikan Art Therapy Center Widyatama sebagai pusat terapi berbasis seni, desain dan psikologi serta ilmu-ilmu terkait lainnya melalui pengembangan lifeskill and behavior bagi penyandang disabilitas di tingkat nasional.

 

MISI

–          Membangun pusat terapi yang terintegrasi berbasis seni, desain dan psikologi serta ilmu-ilmu terkait lainnya.

 

–          Membangun fasilitas kegiatan terapi berbasis seni, desain dan psikologi serta ilmu-ilmu terkait lainnya bagi penyandang disabilitas yang mengarah pada keterbangunan lifeskill dan behavior.

 

–          Menghasilkan lulusan penyandang disabilitas dengan kemampuan kerja mandiri dan kreatif.

 

SISTEM KEGIATAN

1. Treatment Khusus:

Kegiatan untuk anak penyandang disabilitas fisik dan mental dalam kategori low function/mental retarded usia minimal 6 tahun, treatment meliputi : terapi berbasis sensori audio visual, motorik, dan bahasa sesuai dengan kasus masing-masing anak untuk dibangun kemampuan behavior & lifeskill.

 

2. Reguler (LPK Desain Grafis)

Kegiatan untuk anak penyandang disabilitas fisik dan mental dalam kategori middle function sampai high function, usia 16 tahun – 25 tahun, lulusan SMA sederajat, sistem terapi berbasis pada pengembangan behavior & lifeskill melalui sistem pembelajaran meliputi audio, visual, motorik dan bahasa dengan fasilitas treatment psikologi. Kegiatan reguler diarahkan pada persiapan membangun Akademi Disabilitas Widyatama Indonesia (ADWI) melalui sistem pelatihan kerja berbasis seni dan desain yang meliputi:

 

1. Creativity, invention, innovation, modification

2. Kemampuan teknis, manual dan digital

3. Bussiness plan

4. Entrepreneurship

5. Kerja Praktek