Universitas Widyatama Menduduki Ranking ke-53 Perguruan Tinggi Ternama Indonesia Versi SCImago Institutions Rankings (SIR)

Universitas Widyatama Menduduki Ranking ke-53 Perguruan Tinggi Ternama Indonesia Versi SCImago Institutions Rankings (SIR)

Baru-baru ini SCImago Institutions Rankings (SIR) merilis ranking Perguruan Tinggi Indonesia, tahun 2021.

Indikator penilaiannya meliputi research, innovation, dan societal. SIR merupakan lembaga pemeringkatan skala global, berkantor di Spanyol.

Universitas Widyatama, kampus ternama di Kota Bandung yang berada di Jalan Cikutra No 204-A, Kelurahan Sukapada, Kacamatan Cibeunying Kidul, tahun ini menduduki ranking ke-53.

Scimago Institution Ranking menunjukkan penilaian lembaga riset di seluruh dunia. Peringkat lembaga-lembaga tersebut dibagi menjadi lima sektor, antara lain Pemerintah, Kesehatan, Pendidikan Tinggi, Swasta, dan Lain-lain.

Disamping itu ada juga SCImago Journal Ranking merupakan sebuah portal yang menampilkan pengukuran pengaruh suatu jurnal ilmiah terindeks Scopus seperti jumlah sitasi dan seberapa penting jurnal di mana sitasi tersebut dipublikasikan.

Sedangkan Scopus merupakan wadah dan tujuan untuk publikasi artikel penelitian atau pemikiran bagi para akademisi, sehingga dapat diakui sebagai peneliti secara internasional. Termasuk sebagai salah satu penerbit terindeks bereputasi utama untuk publikasi ilmiah terpandang dalam komunitas akademisi di seluruh penjuru dunia.

Atas raihan tersebut Djoko Roespinoedji, Ketua Yayasan Widyatama, mensyukuri nya.

“Alhamdulillah, patut disyukuri, ini berkah buat Universitas Widyatama yang dipimpin oleh Prof Obsatar Sinaga (Prof Obi, Rektor Universitas Widyatama) di bulan Ramadhan 1442 H,” kata Djoko, Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut kata Djoko selama ini pihaknya terus berupaya mendorong dan mendukung sekitar 272 dosen Universitas Widyatama dalam penulisan jurnal internasional, terindek Scopus sekaligus untuk publikasinya.

Ia menambahkan, untuk lebih mengefektifkan penulisan para dosennya maka dibentuk sekitar 50-an klaster penulisan jurnal tersebut.

“Sejauh ini kami telah mempublikasikan 1373 jurnal internasional terindeks Scopus. InsyaAllah akan terus kami dorong, agar lebih meningkat di tahun depan. Terlebih Prof Obi, Rektor kami salah satu chief editor yang memiliki personal garansi,” pungkasnya.

Berikut link perankingan perguruan tinggi di Indonesia, versi SIR, tahun 2021, https://www.scimagoir.com/rankings.php?country=IDN&year=2015.

(Sumber : majalahsora.com)

Komunitas Bandung Sehat Cerdas Memberikan Penghargaan Kepada Rektor UTama dan Ketua Yayasan Widyatama
Bantu Mengembangkan Manajemen Mutu PAUD di Jabar Berbasis IT Prodi Teknik Informatika UTama Adakan Webinar